Libur Lebaran, Puskesmas Buka Layanan 24 Jam

0

Mataram (Suara NTB) – Dinas Kesehatan Kota Mataram memastikan pelayanan kesehatan di puskesmas tetap buka 24 jam saat libur lebaran. Jam kerja tenaga kesehatan akan diatur agar tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. H. Emirald Isfihan menerangkan, secara manajemen di puskesmas maupun di rumah sakit akan libur mengikuti jadwal ditetapkan oleh pemerintah, tetapi pelayanan instalasi gawat darurat (IGD) seluruh puskesmas di Kota Mataram, tetap melayani selama 24 jam. “Jadi semua IGD tetap standby 24 jam,” kata Emirald.

Tenaga kesehatan yang akan bertugas melayani masyarakat saat libur lebaran akan diatur. Hal ini menurut Emirald, merupakan rutinitas setiap tahun yang sudah diketahui oleh tenaga kesehatan di rumah sakit maupun di puskesmas. Oleh karena itu, pihaknya menyerahkan ke masing-masing kepala puskesmas untuk mengatur jadwal piket tenaga kesehatan. “Yang pasti kami juga punya grup WA yang menginformasikan tim yang berjaga di puskesmas,” terangnya.

Pihaknya tidak bisa memperkirakan apakah akan banyak pasien yang dirawat saat libur lebaran. Hal ini perlu melihat data kasus dari tahun sebelumnya, sehingga bisa diperhitungkan tenaga kesehatan yang piket dan lain sebagainya. “Kalau dokter tidak harus standby, tetapi on call,” jawabnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram, H. Lalu Martawang menegaskan, pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas tidak boleh libur. Artinya, tenaga kesehatan harus standby 24 jam melayani masyarakat saat libur lebaran. “Jadi di puskesmas dan rumah sakit tetap buka,” tambahnya.

Perihal tenaga kesehatan yang ditugaskan di posko pemantauan dan pengamanan mudik lebaran sifatnya tentative. Organisasi perangkat daerah (OPD) teknis, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Mataram akan mengatur penjadwalan atau sistem piket petugas kesehatan yang membantu di posko tersebut. (cem)