Hujan Lebat, Jalan Jalur Dua Tambak Sari Tergenang Air

0

Taliwang (Suara NTB) – Kondisi jalan jalur dua di desa Tambak Sari, kecamatan Poto Tano benar-benar butuh perhatian serius. Salah satu ruas jalan Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa Barat ini selalu tergenang air saat hujan lebat turun.

Seperti pada, Selasa, 2 April 2024, ruas jalan yang menjadi pintu masuk ke KSB ini benar-benar lumpuh. Jalan ini tidak dapat dilalui baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua karena tergenang air akibat hujan yang turun sekitar 1,5 jam lamanya di wilayah Poto Tano dan sekitarnya. Akibatnya lalu lintas sempat terhenti hingga sore menjelang magrib.

Genangan air yang menutupi badan jalan jalur dua Tambak Sari itu sebenarnya bukan sekedar dikarenakan besarnya hujan. Menurut warga setempat, jalan itu memang selalu rawat tertutupi air saat hujan karena memang tidak memiliki saluran drainase yang memadai. “Jadi semakin besar hujannya maka semakin banyak juga air yang menggenangi jalan karena memang tidak ada drainase untuk mengalirkan air,” kata kepala desa Tambak Sari, Suhardi.

Suhardi menuturkan, saat hujan air yang berasal dari perbukitan akan turun langsung memenuhi badan jalan. Dan parahnya, jika sudah tidak dapat tertampung di ruas jalan maka air akan mengalir masuk ke area pemukiman warga.

“Seperti hujan hari ini. Kan sangat besar walau hanya sebentar. Air yang ada di jalanan itu meluap ke rumah-rumah warga kami. Dan ini bukan kali ini saja. Tapi setiap hujan besar pasti begitu,” cetus Suhardi.

Ia menyampaikan untuk mengatasi kondisi itu sebenarnya cukup mudah. Suhardi mengaku, pemerintah harus segera membangun saluran drainase pada kedua sisi jalan. “Itu saja solusinya. Buatkan drainase dengan begitu air yang dari atas gunung tidak lagi masuk ke jalan sampai meluap ke rumah-rumah warga kami,” cetusnya seraya mengatakan sebenarnya aspirasi warganya itu sudah kerap disuarakan.

“Beberapa kali pejabat PU Provinsi ke sini kami selalu sampaikan. Pak kami butuh dibuatkan drainase jalan ini supaya rumah warga kami aman kalau hujan besar,” sambung Suhardi.

Persoalan yang dialami jalan jalur dua Tambak Sari bukan saja genangan air. Badan jalan itu selama ini masih mengalami kerusakan parah. Banyak lubang di mana-mana meski telah dilakukan beberapa kali perbaikan tetapi tidak bisa bertahan lama akibat genangan air yang terjadi setiap hujan turun. (bug)