Polres Lotim Pastikan Kelancaran dan Kenyamanan Mudik Lebaran

0

Selong (Suara NTB) – Polres Lombok Timur (Lotim) telah mengambil langkah proaktif untuk memastikan mudik lebaran tahun 2024 berjalan dengan aman dan lancar. Polres Lotim menyiapkan empat pos pengamanan, terdiri dari tiga Pos Pengamanan (Pospam) dan satu Pos Pelayanan (Posyan), yang tersebar strategis di Lotim. Aparat kepolisian telah mengamankan akses dan keamanan bagi pemudik.

Masing-masing pos, terletak di Masbagik, Selong, Rarang, dan pelabuhan Kayangan, dilengkapi dengan tim siaga gabungan dari TNI-Polri, Dishub Pemda, dan Jasa Raharja. Dengan total 100 personel Polri dan 78 personel dari instansi lain di setiap pos, Polres Lotim memastikan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat selama periode mudik dan arus balik akan terjaga dengan baik.

Kapolres Lotim AKBP Hariyanto, menegaskan komitmennya untuk memastikan tidak hanya kelancaran mudik Lebaran, tetapi juga pelaksanaan ibadah selama bulan puasa berjalan aman. Seluruh personel dari polres, Polsek, dan instansi terkait akan dikerahkan untuk menjaga kondusivitas, terutama di malam hari dan malam lebaran, guna mencegah gangguan terhadap ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Sementara itu, kegiatan operasional dump truck pengangkut material tambang akan dilarang menjelang H-3 lebaran, terutama yang menuju Kota Mataram. Dinas Perhubungan NTB akan segera mengeluarkan surat edaran terkait larangan ini, dengan batas waktu yang akan ditentukan. Pemilik tambang diimbau untuk mematuhi larangan ini demi menjaga keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas selama musim mudik.

Pos-pos pengamanan juga telah dipersiapkan dengan tenaga kesehatan, obat-obatan, dan ambulans untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik yang sakit atau kelelahan.

Iptu Nicolas Oesman, Kasi Humas Polres Lotim, menekankan pentingnya tertib berlalu lintas bagi para pengendara, termasuk penggunaan helm, kelengkapan surat-surat kendaraan, dan patuh terhadap rambu lalu lintas, sebagai upaya untuk memastikan keamanan selama perjalanan mudik Lebaran.

Dengan upaya yang telah dilakukan oleh Polres Lotim dan koordinasi antarinstansi yang solid, diharapkan mudik Lebaran tahun ini akan berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pemudik. (rus)