Lotim Gelar GPM, Stabilisasi Harga Pangan Jelang Idul Fitri

0

Selong (Suara NTB) – Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Lombok Timur (Lotim) turut serta dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar pada Senin, 1 April 2024 di Lapangan Nasional.

Dalam kegiatan ini, berbagai pihak seperti Badan Pangan Nasional, kementerian/lembaga terkait, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, BUMN dan BUMD pangan, serta pelaku usaha pangan turut berperan aktif.

Pasar murah ini menawarkan berbagai komoditas pangan penting seperti beras, cabai, minyak goreng, bawang, gula, telur, daging, dan kue kering dengan harga yang terjangkau.

Penjabat (Pj) Bupati Lotim, H. Muhammad Juaini Taofik, menjelaskan tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menghadapi lonjakan permintaan menjelang Idul Fitri. “Kita harus memastikan harga pangan stabil,” ujarnya.

Menurutnya, data menunjukkan bahwa harga pangan pada minggu ke empat Maret masih stabil, dan ia optimis bahwa hal ini akan berlanjut menjelang perayaan Idul Fitri. “Insya Allah menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti tidak ada harga-harga yang menjulang fantastis,” katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Achsan Nasirul Huda, menambahkan kegiatan GPM ini tidak hanya dilaksanakan di Lotim, tetapi juga tersebar di 514 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia. Dia mengimbau semua pihak terkait untuk menjaga stabilitas harga pangan dan mengendalikan Indeks Harga Pangan (IPH) guna memastikan ketersediaan pangan yang terjangkau bagi masyarakat.

Penjabat Bupati beserta Forkopimda dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut mengamati setiap stan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung upaya stabilisasi harga pangan menjelang perayaan Idul Fitri. (rus)