Lebaran Idul Fitri, LEM Siap Fasilitasi Salat Ied untuk 6.000 Jemaah

0

Mataram (Suara NTB) – Dalam menyambut Lebaran Idul Fitri, Pemkot Mataram, Lombok Epicentrum Mall, serta Takmir Masjid Raudhatul Jannah, Taman Indah, akan mengadakan Salat Idul Fitri bersama. Kerja sama ini disampaikan di Kantor Managemen Lombok Epicentrum Mall, Senin, 1 April 2024.

Salat Ied ini akan diawali dengan sambutan dari Walikota Mataram, lalu satu hingga setengah jam sebelumnya akan mulai diadakan takbiran guna mengundang masyarakat untuk mempercepat langkahnya untuk melaksanakan salat. Setelah itu, akan diadakan acara ramah tamah bersama guna saling mengucapkan selamat dan meminta maaf di Hari Raya Idul Fitri.

Amir Wisuda, selaku Kepala Bagian Kesra Pemkot Mataram menyampaikan perasaan senang dan dukungannya bisa bekerjasama mengadakan Salat Ied bersama. Ia juga menyampaikan selama beberapa kali melakukan pertemuan dengan Takmir Masjid dan pihak Lombok Epicentrum Mall, tidak ada kendala yang dihadapi.

“Kami sudah setidaknya 2 kali bertemu, rapat dengan perwakilan Epicentrum di kantor Walikota juga dengan pihak Takmir Masjid untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan.” Ujarnya pada Senin, 1 April 2024.

Pertemuan antar 3 pihak ini juga membahas mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki sebagai bentuk pembelajaran dari tahun-tahun kemaren. Hal ini dilakukan guna meningkatkan keamanan serta kenyamanan masyarakat saat melakukan ibadah salat Idul Fitri.

“Alhamdullilah, karena memang hal rutin yang sudah dilakukan, Insyallah tidak ada kendala kesulitan yang berarti. Paling hanya sedikit hal yang harus diperbaiki dari tahun kemarin,” tambahnya.

General Manager Lombok Epicentrum Mall, Salim Abdad juga menyampaikan ekpresi senangnya dan mengatakan bahwa untuk Imam dan Khotib telah disepakati bersama. Selain itu, Lombok Epicentrum Mall juga akan memberikan beberapa imbauan mengenai tempat duduk saat salat kepada masyarakat agar Salat Ied berjalan dengan lancar.

“Kita berusaha tertib, kita terus tingkatkan, karena masyarakat ini gak mau duduk depan-depan, duduknya mesti belakang,” ucapnya. Sebagai solusi, Lombok Epicentrum Mall akan menghimbau melalui MC agar masyarakat bisa mengisi tempat di depan terlebih dahulu.

Ia juga menjelaskan untuk menghindari rasa tidak nyaman, masyarakat diimbau untuk tidak merokok di area salat nanti. “Akan kami imbau terus, setelah atau sebelum salat bahwa mereka kalau sudah masuk area ini dilarang merokok, karena mengganggu,” sambungnya.

Diperkirakan, area Lombok Epicentrum Mall akan bisa menampung 6.000 jemaah Salat Ied nanti, sehingga Lombok Epicentrum akan memberikan fasilitas wudhu hingga fasilitas parkir yang akan diarahkan ke parkiran timur dan parkiran dari B2 sampai P5a. Untuk itu, Lombok Epicentrum Mall juga telah mengerahkan tenaga security di bagian luar untuk mengamankan, serta akan ada petugas dari Pemkot untuk memberikan arahan parkir untuk tamu-tamu VIP yang ikut hadir.

Ketua Takmir Masjid Raudhatul Jannah Taman Indah, Lafat Akbar juga menyampaikan perasaan senangnya ikut serta dalam kerjasama ini.

“Alhamdullilah Pemkot juga udah mulai memberi kerja sama jadi lebih meriah, Insyallah. Apalagi sekarang sudah bebas dari segala penyakit, jadi makin seru jadinya,” ujarnya. Ia juga berterima kasih kepada pihak Lombok Epicentrum Mall dan Pemkot Mataram atas kerjasamanya dekat Masjid Raudhatul Jannah Taman Indah. (glo)