DPRD KSB Apresiasi Program Beasiswa SMK AMMAN

0

Taliwang (Suara NTB) – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, H. Abidin Nasar secara khusus mengapresiasi program beasiswa PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang diberikan kepada ratusan siswa untuk mengenyam pendidikan di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kabupaten Kudus.

“Harapan kami kegiatan itu bisa jadi salah satu program unggulan Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (PPM) yang bisa mewujudkan peningkatan kompetensi SDM generasi KSB ke depannya,” kata Abidin Nasar, Senin, 1 April 2024.

Dikatakan Abidin, pekan lalu dirinya berkesempatan melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah SMK tempat ratusan siswa asal KSB penerima beasiswa AMMAN ditempatkan di Kudus. Dan menurut dia, sangat luar biasa. Sekolah yang dijadikan tempat belajar para siswa KSB tidak sembarangan karena rata-rata sudah level nasional dengan berbagai keunggulan pada setiap jurusan pendidikannya. “Kurikulumnya sudah sesuai dengan pasar kerja, guru-gurunya ahli dan profesional, fasilitasnya praktiknya lengkap dan punya mitra usaha tempat praktik siswa dengan level nasional bahkan internasional,” urainya.

Semangat para siswa asal KSB peserta beasiswa AMMAN pun dalam mengikuti program tak kalah diapresiasi. Abidin menyatakan, meski jauh dari orang tua, mereka tidak menunjukkan rasa sedih dan tetap semangat belajar. Bahkan dari pengakuan pihak sekolah, beberapa siswa diantaranya ada yang menunjukkan prestasi terbaiknya.  “Kata pihak sekolah ada yang prestasinya di sisi akademik dan ada juga pada kegiatan ekstra kurikuler,” ungkap politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Abidin mengatakan, langkah PT AMNT membuat program beasiswa khusus bagi siswa SMK ini adalah cara cerdas mempersiapkan generasi KSB siap kerja ke depannya. Pasalnya bidang keahlian siswa yang dikembangkan tidak fokus pada salah satunya saja, namun lebih bervariasi dengan melihat peluang kerjanya di masa mendatang. “Dengan begini anak-anak kita tidak hanya berorientasi menjadi karyawan perusahaan tambang. Tapi dengan skill mereka selepas sekolah nanti bisa membuka usaha atau terjun ke bidang pekerjaan sesuai dengan kemampuannya yang diperoleh di SMK,” ujarnya seraya menambahkan konsep program beasiswa PT AMNT ini sangat relevan dengan harapan pemerintah daerah.

“Perwujudan memindahkan emas ke kepala generasi KSB itu ya salah satunya program beasiswa SMK ini,” sambung Abidin.

Terakhir Abidin berharap, agar program beasiswa SMK ini dan semacamnya dapat terus dilanjutkan oleh PT AMNT. Termasuk menambah jumlah siswa penerima program setiap tahunnya dan jurusan yang dapat diakses para siswa. “Insyaallah 5 tahun ke depan kita sudah bisa menemukan banyak anak-anak KSB yang punya skill sesuai kebutuhan pasar kerja bahkan akan banyak juga yang akan sukses karena bisa membuka lapangan kerja sendiri karena program beasiswa SMK ini,” klaimnya. (bug)