Kuatkan Basis Masyarakat Akar Rumput, PDM Kota Mataram Adakan Pengajian Ramadhan dengan Tema Dakwah Kultural

0

Mataram (Suara NTB) – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Mataram melaksanakan pengajian Ramadhan 1445 H dengan mengusung tema Dakwah Kultural: Penguatan Basis Komunitas dan Akar Rumput Muhammadiyah. Kegiatan tersebut terlaksana di Masjid Al-Muttaqin Islamic Center Cakranegara pada hari Ahad, 21 Ramadhan 1445 H/31 Maret 2024 M dan diikuti oleh sekitar 200 orang peserta yang terdiri dari unsur pimpinan PDM, Organisasi Otonom (Ortom), Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) se kota Mataram.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cakranegara, Syamsul Bahri menyampaikan, terima kasih karena telah dipilih sebagai tuan rumah dalam kegiatan pengajian ini dan ia berharap pengajian-pengajian Muhammadiyah akan terlaksana secara berkelanjutan.

Suasana pengajian Ramadhan 1445 H yang digelar Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Mataram dengan mengusung tema Dakwah Kultural: Penguatan Basis Komunitas dan Akar Rumput Muhammadiyah, pada Ahad (31/3).

Ketua PDM Kota Mataram, M. Anugrah Arifin, M.Pd.I., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengajian Ramadhan 1445 H yang diselenggarakan oleh PDM Kota Mataram ini merupakan ikhtiar untuk menumbuhkan dan menguatkan kembali Jamaah Muhammadiyah sekaligus mensosialisasikan Dakwah Kultural sebagai metode Dakwah yang sedang dikembangkan oleh Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas warga persyarikatan dalam masyarakat di akar rumput.

“Pemilihan tempat didasarkan pada pertimbangan historis bahwa pada masa lampau Muhammadiyah melalui PCM Cakranegara pernah berkembang eksis dan memberikan kontribusi besar terhadap dakwah keIslaman di wilayah Cakranegara,” jelas Anugrah Arifin.

Secara khusus Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTB, Dr. KH. Falahudin, M.Ag., hadir memberikan Pidato Iftitah sekaligus membuka secara Resmi kegiatan tersebut. Dalam pidatonya yang berjudul DAKWAH KULTURAL: Perluasan Basis Komunitas dan Akar Rumput Muhammadiyah, Falahudin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap dinamisasi gerakan yang diupayakan oleh PDM Kota Mataram. Sekaligus ia menegaskan bahwa Dakwah Kultural menjadi upaya Muhammadiyah untuk mengisi pranata sosial, kultur, dan budaya yang telah tumbuh di masyarakat dengan nilai-nilai ke-islaman.

“Sehingga Muhammadiyah dapat semakin terbuka, berbaur, dan diterima oleh masyarakat secara luas,” jelas Falahudin.

Kegiatan pengajian tersebut berjalan hingga menjelang waktu asar dengan tambahan 2 materi; Muhammadiyah dan Dakwah Kultural: (Basis Historis, Teologisdan Sosiologis) disampaikan langsung oleh ketuaKPDM Kota Mataram, M. Anugrah Arifin, M.Pd.I., dan materi Pengembangan Cabang dan Ranting Berbasis Dakwah Kultural di Akar Rumput disampaikan oleh Wakil Ketua PDM Kota Mataram, Muhammad Rajuliadin, M.Pd.

Kegiatan pengajian Ramadhan 1445 H PDM Kota Mataram bejalan hidup dengan diskusi dan respons positif dari para peserta dan diakhiri dengan pembagian 100 paket makanan berbuka puasa untuk para mahasiswa dan siswa Panti Asuhan Muhammadiyah. (r/ron)