Intensitas Kriminalitas Meningkat Jelang Lebaran, Masyarakat Diminta Waspada

0

Praya (Suara NTB) – Jelang lebaran seperti sekarang ini masyarakat diingatkan untuk lebih waspada terhadap potensi aksi kriminalitas yang cenderung meningkat. Terutama ketika sedang beraktivitas di area pembelanjaan ataupun pusat keramaian lainnya. Bagi masyarakat yang hendak mudik dan terpaksa harus meninggalkannya rumahnya untuk sementara waktu, sebaik memeriksa terlebih dahulu keamanan sebelum berangkat mudik.

Bila perlu menambah sistem pengamanan, berupa CCTV, sehingga bisa tetap dipantau sepanjang waktu. Dan, meminta bantuan tetangga yang tidak mudik untuk melakukan pengawasan serta pemeriksaan keamanan sekali waktu. “Pada masa-masa jelang lebaran seperti sekarang ini, tingkat kriminalitas cenderung naik,” ujar Wakapolres Loteng Kompol Moh. Nasrullah, SIK., dalam keterangan, Sabtu, 30 Maret 2024 .

Menurutnya,  kewaspadaan sangat penting. Terutama ketika berkegiatan di luar rumah, seperti saat berbelanja di pusat pembelanjaan sangat rentan terjadi aksi kriminalitas. Maka disarankan kepada masyarakat untuk tidak memancing kejahatan dengan tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan di tempat umum.

Bila perlu tidak usah menggunakan perhiasan yang menonjol supaya tidak menarik perhatian para pelaku kriminalitas. Semua barang bawaan juga diawasi dengan baik selama beraktivitas. “Mendekati lebaran seperti sekarang ini tingkat kriminal seperti penjambretan meningkat di pusat perbelanjaan dan keramaian. Jadi masyarakat harus lebih berhati-hati,” ujarnya.

Aparat kepolisian secara rutin terus melakukan upaya-upaya antisipasi dan pencegahan dengan menggelar patroli. Baik itu dalam skala terbatas maupun skala besar. Pun demikian, tidak akan maksimal upaya yang dilakukan aparat kepolisian tanpa ada dukungan dari masyarakat.

Karena tidak mungkin kepolisian akan mengawasi sepanjang waktu di tengah keterbatasan waktu serta personel yang ada, sehingga peran masyarakat penting. Paling tidak masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya. Supaya tidak menjadi sasaran atau korban aksi kriminal.

“Kami tetap melakukan langkah-langkah antisipasi. Salah satunya dengan meningkatkan patroli ke daerah dan pemukiman penduduk. Sembari mengedukasi masyarakat, utamanya pada kalangan pemuda. Untuk bersama-sama menjaga wilayahnya masing-masing dari potensi aksi kejahatan yang bisa meresahkan masyarakat,” pungkas Nasrullah. (kir)