Gelar Wisuda Ke-58, Ummat Hasilkan Lulusan yang Unggul dan Berkualitas

0

Mataram (Suara NTB) –  Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka “Wisuda ke-58 Program Pascasarjana dan Sarjana” di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Sabtu, 30 Maret 2024. Sebanyak 385 wisudawan/wisudawati mengikuti prosesi wisuda kali ini, dengan 95 orang meraih predikat cumlaude. Total lulusan Ummat hingga saat ini mencapai 25.314 orang.

Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, M.A., dalam pidatonya menyampaikan, prosesi wisuda ini merupakan salah bentuk tanggung jawab Ummat kepada masyarakat, bangsa, dan negara. “Khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, hingga mampu bersaing di era industri 4.0 dewasa ini,” ungkap Rektor.

Rektor Ummat, Abdul Wahab berfoto bersama lulusan terbaik didampingi orang tua/wali masing-masing.(Suara NTB/ist)

Ummat yang sudah mencapai usia ke-43 tahun berhasil mengantarkan putra-putri terbaiknya meraih berbagai prestasi dan penghargaan, dalam berbagai lomba dan kegiatan berskala nasional maupun internasional.

“Alhamdulillah secara berturut-turut Ummat mengirimkan mahasiswa KKN DIK Internasional ke Malaysia mulai Desember tahun 2022 sampai Desember 2023, dan 2 orang mahasiswa dikirim KKN MAS ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada kesempatan yang sama pada tanggal 4-9 Maret 2024, Ummat mengirim 2 orang mahasiswa terbaik untuk melaksanakan kegiatan Global Education Program in 3 Countries di Malaysia, Singapura, dan Thailand,” jelas Rektor.

Para wisudawan Ummat periode wisuda ke-58.(Suara NTB/ist)

Pada momen yang sama, sejumlah mahasiswa Ummat juga menorehkan prestasi dengan penuh kebanggaan, di antaranya atas nama Khotin Salwa terpilih sebagai Duta Maritim Indonesia tahun 2023 Kategori lingkungan hidup. Atas nama Setiawan sebagai juara desain grafis berbasis canva Tingkat nasional dengan kategori, juara 1 kategori Avatar kelas B dan juara 2 Kategori Video Animasi Tingkat Nasional.

Kemudian, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sipil meraih penghargaan Kategori Sistem Berkelanjutan Hibah Abdidaya PPK ORMAWA 2023. Serta, atas nama Nurhamdi Said mahasiswa S1 Ilmu Hukum Ummat meraih medali Perunggu dalam Kelas D Putra Cabang Olahraga Pencak Silat di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII 2023.

“Ini merupakan bukti dari dedikasi kami dalam meningkatkan mutu pendidikan dan juga kualitas mahasiswa kami dalam mencapai visi Ummat yang Islami, mandiri, unggul dan berdaya saing di kawasan Asean tahun 2028,” ujar Rektor.

Tamu undangan dan para wisudawan Ummat.(Suara NTB/ist)

Ummat pun terus mengembangkan diri, sehingga tidak hanya dapat membuka program studi baru untuk jenjang S1, melainkan dapat membuka program Pascasarjana dengan 3 Prodi. Termasuk, ikhtiar untuk membuka Fakultas Kedokteran dengan Prodi Kedokteran dan Profesi Kedokteran.

“Mohon doanya tanggal 3 dan 4 April 2024 kami akan menyampaikan proposal pembukaan Fakultas Kedokteran di Ummat kepada Direktorat Pendidikan Tinggi dan Kementerian Kesehatan. Semoga semuanya dapat berjalan lancar,” harap Rektor.

Rektor Ummat, Abdul Wahab berjalan bersama Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dr. H. Agus Taufiqurrahman dan tamu undangan lainnya.(Suara NTB/ist)

Pada kesempatan wisuda itu, Ummat juga memberikan penghargaan kepada tiga lulusan terbaik, berturut-turut atas nama Rina Gustina, S.Pd., Khotin Salwa, SH., dan Nabila Safitri S.Sos. Untuk wisudawan terbaik I akan diberikan hadiah uang pembinaan senilai Rp3 juta, terbaik II diberikan uang pembinaan sebesar Rp2 juta. Terbaik III diberikan uang pembinaan sebesar Rp1 juta.

Sebagai penutup, Rektor mengucapkan terima kasih atas kepercayaan orang tua mahasiswa yang telah menjadikan Ummat sebagai tempat pendidikan terbaik putra-putrinya. Serta, telah berjuang dan berkorban dengan ikhlas sepenuh hati membiayai, turut membimbing hingga berhasil lulus menjadi sarjana dan magister di bidang keilmuan yang ditekuni.

“Saya menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kegigihan putra-putri bapak/ibu yang telah melewati segala rintangan yang menghadang selama menempuh pendidikan di universitas tercinta ini. Semoga hari ini menjadi pintu gerbang menuju jalan keberhasilan masa depan yang gemilang di bawah rida Allah,” tutup Rektor.

Pembacaan janji wisudawan/wisudawati Ummat periode wisuda ke-58.(Suara NTB/ist)

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dr. H. Agus Taufiqurrahman, Sp.S.,M.Kes., menyampaikan orasi ilmiahnya di awal acara wisuda. Ia juga mengatakan, atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah, menyampaikan selamat kepada Ummat yang menyelenggarkan wisuda di bulan yang penuh barokah di bulan Ramadhan. “Tentu dengan harapan alumni yang hari ini diwisuda, ilmu yang diterima dari Ummat ilmu yang penuh barokah. Ilmu yang menambah kebaikan dan kebaikan,” ujarnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 8 Bali NTB Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.T., dalam sambutannya menyampaikan, wisuda kali ini merupakan mahakarya dari Ummat. Apalagi akan dibuka Fakultas Kedokteran akan dibuka di Ummat.

“Ummat melaksanakan wisuda yang sepesial di hari yang berkah saat melaksankana ibadah puasa. Ummat calon pergutuan tinggi menuju akreditasi Unggul. Selamat dan sukses,” ujarnya.

Wakil Bendahara Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah, Dr. Muhammad Muchlas Rowi, S.S., M.M., dalam sambutannya menyampaikan, wisuda merupakan suatau keberkahan. “Pertama, mengucapkan tahniah atas nama Majelis Dikti Liktbang, atas kelulusan wisudawan dan tentu kepada orang tua,” ujarnya.

Wisuda ke-58 Ummat juga dihadiri Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB, Sekretaris Kopertais Wilayah XIV Bali Nusra, Ketua Badan Pembina Harian Ummat, Anggota Senat Ummat, wali/orang tua wisudawan/wisudawati, dan para wisudawan/wisudawati, serta tamu undangan lainnya. (ron)