Bupati KSB Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

0

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin mengajak seluruh lapisan dan elemen masyarakat di daerah untuk bersama-sama memerangi praktik penyalahgunaan narkoba.

Ia mengakui, saat ini peredaran barang haram itu sangat masif di masyarakat. Ini dapat dibuktikan dengan banyaknya masyarakat terjerumus memakainya hingga terjerat kasus hukum. “Saat ini sebagian besar Lapas Sumbawa isinya mereka yang tersangkut kasus Narkoba,” ungkap bupati di sela sambutannya pada acara Nuzulul Quran yang digelar, Kamis pekan lalu.

Ia menjelaskan, penyalahgunaan peredaran narkoba paling banyak menyasar anak muda dan remaja dewasa ini. Sebagai generasi penerus, penting kemudian mereka dijaga agar terhindar dan caranya harus mulai dipikrkan bersama-sama sejak sekarang. “Saya mengajak kepada kita semua, para guru, orang tua, untuk mengingatkan anak-anak kita untuk menjauhkan diri dari praktelik narkoba,” pinta bupati.

Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba kata bupati dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan di tingkat lingkungan keluarga, bupati menggambarkan, orang tua bisa menyampaikannya dalam banyak kesempaatan. Kuncinya kemudian adalah membangun komunikasi dengan baik terhadap seluruh anggota keluarga terutama anak.

“Para orang tua bisa selipkan pesan bahaya narkoba kalau sedang berbincang dengan anaknya kapan dan dimanapun. Begitu juga ibu bapak guru di sekolah saya rasa bisa menyelipkan pesan-pesan baya narkoba itu di akhir waktu pembelajaran di kelas,” saran bupati.

Kepada aparat penegak hukum, bupati pun meminta hal yang sama. Orang nomor satu di KSB ini mengatakan, sosialisasi menjadi salah satu upaya yang dapat diakukan aparat dalam rangka pencegahan. “Mohon perbanyak sosialisasi juga. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” paparnya.

Sementara itu ceramah Hikmah Peringatan Nuzulul Quran pada malam hari itu di isi oleh KH Syamsul Ismain, LC Pimpinan Pondok Pesanteren Himmatul Ummah Sapugara. Dan di sesi terakhir bupati H. W. Musyafirin menyerahkan cinderamata kepada Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumbawa Barat, Kombes Pol Yuanita Amelia Sari yang telah mengakhiri masa tugasnya di KSB.(bug)