Pj Gubernur Safari Ramadhan di KSB dan Sumbawa, Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Warga

0

Mataram (Suara NTB)-Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar Safari Ramadhan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Kabupaten Sumbawa di Jumat, 29 Maret 2024  dan Sabtu, 30 Maret 2024 . Selain bersilaturahmi dengan masyarakat, momentum Safari Ramadhan juga digunakan untuk kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM).

Di KSB, Pj. Gubernur NTB mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, termasuk tarawih berjamaah, syukuran peresmian Ntek Bale Pendopo Bupati KSB serta penyerahan santunan. Pj disambut hangat oleh Bupati dan masyarakat setempat. Buka puasa bersama disuguhkan menu khas Sumbawa Soto Palopo.

Setelah melakukan ibadah salat tarawih berjamaah di Pendopo Bupati Sumbawa Barat, rangkaian acara berlanjut dengan pemberian santunan. Pj Gubernur turut memberikan santunan kepada masyarakat setempat, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap kesejahteraan rakyat.

Kegiatan Safari Ramadhan ini kami harapkan bisa menjadi momentum mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat serta meningkatkan keberkahan di bulan suci Ramadhan. Ramadhan ini juga kita harapkan dapat memperkuat nilai kebersamaan dan solidaritas sosial, setelah pesta demokrasi kemarin, kata Gita Ariadi.

Menurutnya, beda pilihan dalam pelaksanaan Pemilu kemarin adalah sesuatu yang lumrah. Kini setelah pesta demokrasi selesai, semua pihak kembali harus merajut kembali kebersamaan di tengah-tengah masyarakat.

Sebelum kegiatan tarawih berjamaah, Pemprov NTB dan Pemda KSB menggelar GPM. Berbagai bahan kebutuhan pokok disediakan untuk masyarakat diantaranya beras dengan harga Rp 52.000 per 5 kg, minyak goreng dengan harga Rp. 15.000 per liter, gula dengan harga 17.000 per kg, dan telur dengan harga 55.000 per tray. Semua harga tersebut dibawah harga pasaran.

Pj Gubernur juga berkesempatan mengunjungi SMAN 1 Taliwang. Dalam pertemuan dengan para tokoh pendidikan dan kepala sekolah di Taliwang, ia menyoroti berbagai prestasi yang telah dicapai oleh tenaga kependidikan di wilayah tersebut. Gita menekankan pentingnya peran aktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas bagi generasi muda.

“Dunia pendidikan di KSB bisa menjadi contoh terdepan bagi putra putri anak bangsa kita (terutama) dengan torehan prestasi-prestasi yang membanggakan, ujarnya.

Menyadari tantangan yang dihadapi dalam menghadirkan pendidikan berkualitas di daerah, Gita berkomitmen terus mendukung pengembangan infrastruktur di dunia pendidikan.

“Tugas pemerintah provinsi di bidang pendidikan menengah atas adalah bagaimana DAK di bidang pendidikan menengah atas di kabupaten/kota se-NTB dapat diperjuangkan terus, katanya.

Pj Gubernur mengajak semua pihak terkait untuk bersama-sama meningkatkan standar pendidikan dan memastikan setiap anak mendapatkan akses yang sama terhadap pendidikan yang berkualitas.

Kunjungan tersebut, diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi seluruh insan pendidikan di KSB untuk terus berprestasi dan memberikan yang terbaik bagi perkembangan pendidikan di daerah tersebut.

Sementara itu, kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Sumbawa berlangsung di Desa Kalabeso Kecamatan Buer Kabupaten Sumbawa pada Sabtu, 30 Maret 2024 . Bupati Sumbawa H, Mahmud Abdullah mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pemprov NTB di tengah masyarakat Sumbawa.

Bupati melaporkan kondisi di Kecamatan Buer yang baru-baru ini dilanda banjir bandang yang menyebabkan beberapa infrastruktur desa ambruk.

Seperti jembatan penghubung antar desa, bendungan yang jebol. Sejumlah sarana yang rusak tersebut saat ini sedang dalam perbaikan. Adapun anggaran sekitar Rp9,8 miliar digelontorkan Pemkab Sumbawa untuk pembangunan infrastruktur desa, bantuan perasmanan, irigasi ban berbagai jenis bantuan lainnya di Kecamatan Buer.

Sementara itu dalam sambutannya Pj. Gubernur H. Lalu Gita Ariadi mengatakan, tugasnya sebagai Pj Gubernur diantaranya untuk mendukung kegiatan pemerintah pusat seperti menekan angka kemiskinan ekstrem, stunting, inflasi dan kondusifitas dalam penyelenggaraan Pemilu.

Alhamdulillah berbagai prestasi berhasil kita raih bersama pada kepemimpinan saat ini bukan keberhasilan individu melainkan keberhasilan bersama, katanya.

Salah satu prestasi di NTB yaitu pelaksanaan Pemilu telah berjalan lancar dan sukses. Pesta demokrasi juga terlaksana dengan baik serta tidak menimbulkan konflik antar masyarakat yang memiliki perbedaan pendapat.(ris/r)