Pimpinan Parpol di NTB Makin Intensif Jajaki Peluang Koalisi Pilkada

0

Mataram (Suara NTB) – Jelang perhelatan Pilkada serentak 2024 sejumlah pimpinan partai di NTB terus bergulir. Pertemuan-pertemuan informal tersebut membahas tentang penjajakan koalisi dalam menghadapi 11 Pilkada di NTB akhir November nanti.

Salah satu pimpinan parpol yang cukup intensif melakukan penjajakan yakni Indra Jaya Usman Ketua DPD Partai Demokrat NTB bersama Pimpinan Partai Gelora, unsur pengurus pusat Partai Perindo, Pejabat Partai Gerindra dan juga kehadiran pejabat Partai Golkar NTB.

“Ya kami bertemu tidak formal di Mataram. Banyak yang dibahas. Tentu juga soal Pilkada ya,” sebut Indra Jaya Usman yang akrab disapa IJU ini saat dikonfirmasi pada Kamis, 28 Maret 2024.

Pembahasan pada pertemuan itu disebut IJU terfokus pada situasi politik NTB dan Kabupaten/Kota menurut masing-masing praktisi politik itu. Termasuk tentang upaya memperbesar kesamaan cara pandang pada figur-figur yang tepat, untuk diusung memenangkan 11 pilkada tersebut.

“Masing-masing kami punya data satistik politik sendiri. Termasuk dari hasil pileg kemarin. Tapi penilaian kami banyak juga yang selaras. Terutama terkait figur-figur yang berpeluang besar menang pada pilkada nanti,” sebut IJU.

“Memang sudah ada pihak-pihak yang menyatakan diri akan maju dengan keyakinan diri akan menang. Baik di Pilkada Provinsi NTB, Kota Mataram, Lombok Barat, KLU, Loteng dan Lotim. Juga di 5 Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa. Namun masih sangat mungkin akan muncul kontestan yang mengejutkan,” sambungnya.

Selaras dengan yang disebut IJU, Ketua DPW Partai Gelora NTB Lalu Pahrurrozi juga berpendapat serupa. Ia yang juga ikut serta dalam pertemuan selasa malam itu, membenarkan banyaknya kesamaan pandangan yang mengemuka terkait pilkada dari para petinggi partai itu.

Meski Ia tidak menapik bahwa lingkup pembahasan mereka cukup luas, yaitu tentang 11 pilkada se-NTB. Namun Ia lebih memilih untuk menjawab perihal pilkada Lombok Barat, saat ditanya wartawan melalui pesan WA.

“Sebagai partai baru, Partai Gelora menghendaki penyegaran kepemimpinan di NTB dan kabupaten se-NTB,” jawab politisi yang akrab dengan panggilan Ustadz Oji itu.

Terkait Pilkada Lobar, Partai Gelora nampak telah memiliki kesimpulan tentang figur yang akan diusung maju sebagai bupati. Figur yang Ia sebut tepat untuk membawa kemajuan bagi kabupaten induk dari Kota Mataram dan KLU tersebut.

“Ini momentum kita untuk menemukan pemimpin baru, yang bisa membawa angin segar pembangunan. Misal di Lombok Barat, ada Ketua DPRD Nurhidayah, yang bisa membawa Lombok Barat lebih berkembang. Rekam jejak kepemimpinannya tumbuh dari bawah,” papar Ustadz Oji.

Ia mengaku cukup sering berdiskusi dengan sosok wanita tangguh asal Gunungsari Lombok Barat itu. Oji menilai mereka memiliki banyak kesamaan dalam persepsi adanya keharusan untuk mengembalikan kekuatan Lombok Barat di sektor pertanian dan pariwisata. Karena dua sektor vital tersebut dinilai semakin hari, agak tertinggal dibanding beberapa kabupaten lainnya.

“Kita memerlukan terobosan pembangunan yang meletakkan Lombok Barat dalam posisi strategis destiansi-destinasi utama pariwisata di NTB,” tutupnya. (ndi)