Tunggu dari DPRD Lobar

0

DPRD Lombok Barat (Lobar) resmi mengumumkan pemberhentian Hj. Sumiatun sebagai Bupati Lobar, Selasa, 26 Maret 2024 . Hj. Sumiatun yang menggantikan H. Fauzan Khalid sebagai Bupati Lobar, karena mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem akan berakhir masa jabatannya tanggal 23 April 2024 mendatang.

Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB Ir. H. Lalu Hamdi, M.Si., yang dikonfirmasi, Kamis, 28 Maret 2024  mengaku, Pemprov NTB siap menunggu usulan pemberhentian dari DPRD Lobar untuk disampaikan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Menurutnya, jika nanti usulan pemberhentian sudah sampai, maka Pemprov NTB langsung menyampaikan ke Mendagri untuk ditindaklanjuti.

‘’Nanti Mendagri yang akan memproses penunjukan Penjabat (Pj) Bupati. Yang mengusulkan Pj Bupati Lobar itu dari DPRD Lobar dan Gubernur NTB,’’ ujarnya.

Diakuinya, hingga saat ini usulan Pj Bupati Lobar yang diusulkan Pj Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., akhir tahun 2023 lalu tidak ditarik. Artinya, tiga nama yang diusulkan Pj Gubernur NTB, yakni Inspektur Provinsi NTB Ibnu Salim, S.H., M.Si., Kepala Dinas Pemerintahan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Ahmad Nur Aulia, S.STP., dan Kepala Biro Umum Setda NTB Hendra Saputra, S.STP., belum dicabut.

Pj Gubernur NTB, tegasnya, masih menggunakan usulan lama sebagai Pj Bupati Lobar dan tidak ada pengusulan baru. Begitu juga DPRD Lobar masih menggunakan usulan lama yakni Kepala Dinas Pemerintahan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Ahmad Nur Aulia, S.STP., dan Sekda Lobar H. M. Ilham, S,Pd., MPd., sebagai Pj Bupatti Lobar ke Mendagri.

Terkait waktu penentuan Pj Bupati Lobar, mantan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi NTB ini mengakui, semuanya tergantung dari Mendagri. Pemerintah daerah hanya menerima 1 nama Pj Bupati Lobar yang sudah ditetapkan Mendagri untuk dipersiapkan pelantikannya oleh Pemprov NTB.

‘’Bisa saja sehari belum berakhirnya masa jabatan Bupati Lobar atau beberapa hari sebelumnya. Yang jelas, kalau sudah ditetapkan Mendagri, kita siapkan pelantikan Pj Bupati,’’ terangnya. (ham)