Pegawai Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB Diberikan Pemahaman Pelatihhan Berkendara

0

Mataram (Suara NTB) – Pada Selasa, 26 Maret 2024 bertempat di Kantor Dinas Pertanian Dan Perkebunan Provinsi NTB, sebanyak 30 orang pegawai dinas setempat diberikan edukasi keselamatan berkendara oleh Tim Safety Riding Astra Motor NTB.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sharing terkait dengan keselamatan berkendara gunanya menekankan angka fatalitas dari kecelakaan serta meningkatkan kemampuan berkendara di level menengah.

Kegiatan di mulai pada pukul 08.30 Wita, diawali dengan pembukaan dilanjutkan penyampaian materi dari Instruktur Safety Riding Satria Wiman Jaya, materinya mengangkat pelatihan berkendara menengah.

“Materi ini kami sampaikan karena semua pegawai sudah bisa mengendarai sepeda motor namun belum pernah di training Safety Riding sehingga bisa di katakan belum memiliki teknik yang baik,” kata Satria.

Isi materi yang disampaikan mencakup tiga materi besar yaitu visual berkendara yang berkaitan dengan daya tangkap mata ketika berada di jalan raya, pengguna jalan lain yang harus di perhatikan dan beberapa karakteristiknya dan yang terakhir yaitu memprediksi bahaya.

Selain itu juga Instruktur meningkatkan prediksi bahaya semua peserta dengan meminta beberapa peserta untuk sharing pengalaman kecelakaan dan peserta yang lainnya mempelajari apa kesalahan yang perlu diperbaiki dan masukan atau insight yang bisa diambil agar tidak terjadi kecelakaan berdasarkan kesalahan yang sama.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Dan Perkebunan Provinsi NTB, Ida Bagus Arnawa, SE., menyampaikan, edukasi ini sangat menginspirasi dan pastinya bermanfaat untuk seluruh pegawainya.

“Peserta yang didominasi oleh kaum Ibu-ibu sangat antusias hingga mereka bertanya terus saat sesi tanya jawab. Kami sangat mengapresiasi Astra Motor yang sudah bersedia memberikan sosialisasi keselamatan berkendara. Harapannya ilmu yang diterima dapat diterapkan dalam berkendara sehari-hari,” demikian ujar Bagus. (bul)