27 Kapal Kayangan-Pototano Siap Melayani Lonjakan Pemudik

0

Mataram (Suara NTB) – Ketua Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) NTB Iskandar Putra memastikan, sebanyak 27 kapal yang melayani lintasan penyeberangan Pelabuhan Kayangan (Lombok Timur) dan Pototano (Sumbawa Barat) siap beroperasi maksimal untuk melayani pemudik lebaran 1445H/2024 yang sebentar lagi.

Lonjakan penumpang arus mudik lebaran biasanya terjadi setiap tahun. Untuk pelabuhan Kayangan Lombok Timur, diprediksi juga penumpangnya akan mengalami peningkatan hingga 30 persen. Terutama pemudik dari Lombok ke Sumbawa.

“Sampai dengan saat ini untuk mudik gratis ke Sumbawa dari pemerintah ke belum ada. Tetapi, persiapan mudik lebaran ini dari sisi armada kapal maupun kondisi kapal sudah disiapkan. Dari otoritas juga sudah melakukan pengecekan kapal beberapa hari lalu untuk memastikan kesiapan kapal di Kayangan-Poto Tano jelang persiapan mudik lebaran,” jelas Iskandar, Rabu, 27 Maret 2024.

Dari hasil pengecekan kapal yang dilakukan dari otoritas, menurutnya tidak ada temuan yang di kapal yang berpotensi membahayakan penyeberangan. Artinya, dapat dipastikan semua armada kapal sudah siap mengangkut para penumpang yang akan mudik dengan menggunakan kapal penyeberangan.

“Kalau masalah armada tidak ada, layak laut semua. Ram cek ini tidak hanya ketika ini saja, tapi setiap bulan dilakukan juga. Nanti kita akan bahas mendekati H-10 atau h-7 untuk teknis dan jadwalnya,” ujarnya.

Iskandar menambahkan, terdapat  potensi penambahan jadwal kapal jika lonjakan penumpang saat arus mudik signifikan. “Secara nasional isunya sampai 30-40 persen lonjakan pemudik. Tapi kalau kita di Kayangan ini rata-rata kisaran 20-30 persen  estimasi kita. Dan sudah siap juga mengantisipasi lonjakan penumpang ini,” demikian ditegaskan mantan Ketua Gapasdap Cabang Kayangan ini. (bul)