Siswa SMKN 3 Mataram Ikuti Uji Sertifikasi Juru Gambar Bangunan dan Mandor Konstruksi

0

Mataram (Suara NTB) – Dalam beberapa tahun terakhir siswa SMKN 3 Mataram yang akan lulus dari SMKN 3 Mataram mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi khususnya bidang Keahlian Teknik Bangunan untuk kompetensi keahlian Juru Gambar Bangunan dan Mandor Konstruksi. SMKN 3 Mataram bekerja sama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah IV Surabaya untuk melakukan uji sertifikasi pada Senin, 25 Maret 2024.

Asesor dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Irsyadul Ibad mengatakan, sertifikat kompetensi Juru Gambar Bangunan dan Mandor Konstruksi wajib dimiliki oleh lulusan SMK jika ingin berkarir di bidang Konstruksi serta ini merupakan kesepakatan dari asosiasi.

Sertifikasi sangat penting bagi yang terlibat di bidang konstruksi dengan harapan mencegah kegagalan yang mungkin terjadi dalam bidang konstruksi. “Di dunia kerja sertifikasi sangat penting dan bagi yang telah memiliki sertifikat akan lebih dipercaya untuk ambil bagian di bidang konstruksi,” ujarnya.

Kepala SMKN 3 Mataram, Sulman Haris, S.Ag, M.Pd.I., memberi penguatan khususnya kepada siswa yang akan mengikuti uji sertifikasi menguatkan bahwa sertifikasi ada tiga unsur. Pertama, ilmu, dengan memiliki ilmu siswa akan memiliki wawasan pada bidang yang digeluti. Kedua, akhlak atau attitude yang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan. Life skill sangat ditentukan oleh attitude. Ketiga adalah keterampilan, bagi lulusan SMK wajib hukumnya kompeten pada bidang sesuai dengan kompetensinya.

“Ketiga hal ini saling berkaitan dan saling menguatkan untuk mencapai sukses ke depannya. Untuk mengukur kemampuan ketiga hal tersebut maka dilakukan uji sertifikasi seperti yang dilaksanakan ini,” ujar Sulman Haris. (ron)