Bengkel Konversi Bersertifikat Pertama Segera Terwujud

0

Mataram (Suara NTB) –  Impian SMKN 3 Mataram memiliki Bengkel Konversi Bersetifikat, yang juga merupakan bengkel pertama di wilayah Indonesia timur segera terwujud. Hal ini diungkapkan Kepala SMKN 3 Mataram, Sulman Haris, S.Ag, M.Pd.I., ketika menerima tim verifikator dari Kementerian Pehubungan di ruang Bengkel Konversi yang baru selesai dibangun dari dana CSR PLN UIP Nusa Tenggara, Senin, 25 Maret 2024.

Sulman Haris menyampaikan, keberhasilan itu atas perjuangan seluruh tim manajemen dan tim konversi dalam setahun belakangan ini. “Kami sudah siap dengan gedung, peralatan dan teknisi serta siap menggolkan salah satu program unggulan nasional,” ujarnya.

Sementara itu tim verifikasi yang terdiri dari tiga orang yang diketuai Farida didampingi oleh Hafiz dan Ana menyampaikan apresiasi kepada SMKN 3 Mataram atas prestasi yang diraih dengan mengambil bagian dalam program unggulan pemerintah melalui Kementerian ESDM. Farida menyampaikan terima kasih kepada SMKN 3 Mataram yang ikut mendukung Program Prioritas Nasional melalui Perpres no 55 tahun 2019 tentang penggunaan KLBB Kendaraan Listrik Berbasis Baterai.

“Program ini merupakan peran serta Indonesia di kancah Internasional bahwa pada tahun 2025 dunia Internasional menginginkan kembali ke emisi hijau,” ujar Farida. Farida optimis bahwa Bengkel Konversi SMKN 3 Mataram dalam beberapa waktu ke depan bisa menjadi tipe A dan yakin bahwa SMKN 3 Mataram akan menjadi contoh untuk wilayah Indonesia timur.

Hafiz, salah satu tim verifikasi menguatkan, bahwa verifikasi dilakukan lebih pada kesiapan teknis seperti peralatan dan kesiapan sumber daya manusia. Ia juga mengungkapkan bahwa selama melakukan verifikasi di beberapa tempat, Bengkel Konversi SMKN 3 Mataram yang paling siap. “Harapannya ke depannya Bengkel Konversi SMKN 3 Mataran terus berkembang dan menjadi tipe A, sehingga akan menjadi lebih mudah seperti pengujian yang dapat dilakukan sendiri,” ujarnya. (ron)