39 Kapal akan Layani Mudik Lebaran dari Lembar

0

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 39 kapal akan melayani mudik lebaran 1445H/2024 ini. Jumlah tersebut terdiri dari kapal lintasan panjang menuju Pulau Jawa, dan lintasan selat Lombok menuju Padang Bai, Bali. Ketua Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (GAPASDAP)  Cabang Lembar, Firman Dandy di Mataram, Selasa, 26 Maret 2024  usai melakukan pertemuan dengan seluruh operator, otoritas di Pelabuhan Lembar  serta stakeholder terkait merinci  kesiapan kapal terdiri dari PT. PELNI 2 kapal, Dharma Lautan Utama 3 kapal, Damai Lautan Nusantara (DLN) 2 kapal, dan PT. ALP 2 kapal.

“Ini kita bicara kapal lintas panjang ke Pulau Jawa. Ada 9 kapal, plus 6 kapal Pelabuhan Lembar – Pelabuhan Jangkar Situbondo untuk semua rute ke Jawa,” ujarnya. Sedangkan untuk lintas pendek, yaitu penyeberangan dari dan ke Lembar-Padangbai terdapat 24 kapal yang siap melayani penumpang dan pemudik. Beroperasi selama 24 (PP).

“Jadi total kapalnya itu, 24 ditambah 9 kapal dan ditambah 6 kapal untuk kesiapan mudik.,” katanya. Pada mudik tahun ini, lanjut Firman, diproyeksi akan terjadi kenaikan jumlah penumpang kapal penyeberangan sebesar 5 sampai 10 persen. Untuk rekayasa transportasi dan jalur, serta lainnya menurut Firman akan dibahas kembali dengan seluruh stakeholder perhubungan.

Pada bagian lain, mudik gratis yang disediakan pendaftarannya sudah dibuka sejak 21-22 Maret 2024.  Calon pemudik melakukan pendaftaran langsung verifikasi dan diberikan tiket. Kuota mudik gratisnya juga terbatas. “Kegiatan mudik dilaksanakan 3 April dan 7 April 2024. Di masing-masing tanggal hanya 290 penumpang. Kapal yang memberikan mudik gratis kapal KMP Kirana VII.  Tidak ada penambahan kuota mudik gratis sampai saat ini,” jelasnya. (bul)