Tiket Bus Mataram – Bima Diprediksi Habis Seminggu Sebelum Idul Fitri

0

Mataram (Suara NTB) – Jelang Hari Raya Idul Fitri, pihak PO memprediksi tanggal 3 9 April 2024, tiket bus sudah habis terjual. Selama bulan Ramadhan, pembelian tiket bus mulai banyak diburu oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh keinginan masyarakat untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Keberangkatan yang paling padat terjadi pada jam 2 3 siang.

Terminal Mandalika, sebagai tempat penyedia tiket bus akhir-akhir ini mulai mengalami pelonjakan. Untuk mengatasi lonjakan pengunjung, Terminal Mandalika melakukan beberapa upaya.

Kepada Suara NTB, Dedy Wahyudi selaku Penyidik Pegawai Negeri Sipil yang bertugas di Terminal Mandalika menjelaskan terkait hal tersebut. Kami sedang melakukan kegiatan pengecekan, pemeriksaan administrasi, baik layak jalannya semua kendaraan ini, jelasnya.

Ia juga menyampaikan masih ada beberapa pelaku nakal yang tetap ingin beroperasi walaupun tidak memiliki izin. Dan beberapa kendaraan juga ada yang kami temukan yang masih tidak memiliki izin, sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa timnya masih melakukan pengaturan jam keberangkatan bus agar tidak terjadi kemacetan. Kita atur jadwalnya, mana yang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mana yang Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), kita pisah untuk pemberangkatannya nanti, sambungnya.

Muhadi, selaku Komandan Regu 2 Terminal Mandalika mengatakan bahwa ia dan para owner bus Jurusan Bima memprediksikan tiket akat habis seminggu jelang Idul Fitri. Perkiraan kami sama teman-teman yang bertugas di Terminal, kami sudah coba tanya para owner-owner bus, yang jurusan Bima Mataram ini perkiraannya H-7 itu akan ada lonjakan. Karena saya dengar infonya dari owner salah satu PO itu tanggal 3, 4, sampai tanggal 9 itu tiket sudah habis terjual, ujarnya, Selasa, 26 Maret 2024.

Ia juga menjelaskan tiket bus jurusan Mataram – Bima menjadi salah satu tiket yang paling banyak dicari masyarakat, dan diperkirakan puncaknya pada H-3 sebelum Lebaran Idul Fitri. Namun, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang berlebih, selain menyiapkan armada bus dari berbagai perusahaan, Terminal Mandalika akan melakukan koordinasi dengan Damri dan bus lainnya agar masyarakat tetap bisa pulang kampung.

Ia juga menyampaikan harapannya sebagai petugas lapangan, masyarakat dapat terangkut ke tujuan masing-masing agar bisa merayakan hari raya bersama keluarga. Harapannya kalau dari kami supaya (penumpang) bisa terangkut, bisa mudik, bisa hari raya di rumahnya, sambungnya.

Muhadi juga menyampaikan bahwa setelah Lebaran Idul Fitri, bus akan didominasi oleh penumpang dari arah Bima Mataram, sehingga akan terjadi bus dengan penumpang yang sepi dari arah Mataram Bima, dan akan penuh dari arah Bima Mataram. (glo)