Safari Ramadhan di Lobar, Kakanwil Kemenag NTB Tekankan Kolaborasi Lintas Agama

0

Giri Menang (Suara NTB) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB, kembali melaksanakan Safari Ramadan dan kali ini lokasinya di Kantor Kemenag Lombok Barat (Lobar), Jumat, 22 Maret 2024. Dalam program ini, Kehadiran Kepala Kanwil Kemenag NTB didampingi istri beserta jajaran.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Lobar beserta seluruh jajarannya, para tokoh lintas agama, kepala madrasah negeri maupun swasta, kepala pondok pesantren. Program Safari Ramadan ini dirangkai pula dengan penguatan ASN lingkup Kantor Kemenag Lobar.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kawil Kemenag NTB H. Zamroni Aziz menekankan perlu meningkatkan koordinasi dan kolaborasi lintas agama.

Menurutnya, Safari Ramadhan merupakan momentum untuk bersilaturahmi dan introspeksi diri. Ia pun mengajak seluruh ASN beserta para hadirin untuk kembali mempererat tali silaturahmi serta kembali melaksanakan aktivitas sesuai dengan tugas dan posisi masing-masing.

“Hal ini mengingat NTB khususnya Lobar, telah melewati dinamika pro dan kontra Pemilu Serentak 2024 yang telah berlangsung Bulan Februari lalu. Mungkin pilihan kita berbeda. Tapi melalui momentum ini mari kita kembali ke tugas kita, bekerja sesuai dengan posisi kita masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, ujarnya, pentingnya peranan pondok pesantren dan madrasah dalam membantu pemerintah mencerdaskan bangsa. Menurutnya, tanpa madrasah dan pondok pesantren, pendidikan di daerah akan tertinggal.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan agar Kemenag Lobar dapat meningkatkan kolaborasi serta kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah beserta stakeholdernya. Termasuk tokoh lintas agama. “Indonesia ini ada karena keberagaman agama, di Lobar ini luar biasa. ada Hindu, Buddha, Kristen dan Islam. Saya tanya tadi mereka mengaku sangat nyaman, aman, tenteram dan damai. Karena antar satu dengan yang saling menghormati,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kemenag Lobar telah membentuk relawan Moderasi Beragama. Dimana para relawannya pun berasal dari lintas agama. Menurut dia, sejauh ini para relawan tersebut telah bekerja dengan baik dalam menjaga keharmonisan umat di Lobar.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Lobar, H Haryadi Iskandar dalam laporannya, memaparkan sejumlah program yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Di antaranya Festival Ramadhan, berupa santunan kepada yatim piatu dan fakir miskin.

Dilanjutkan dengan pembagian sembako untuk lanjut usia dengan jumlah 100 orang yang berada di sekitar Kantor Kemenag Lobar. “ASN di Kemenag Lobar rangkaian kegiatannya cukup panjang. Dan sampai sekarang mereka masih berada di tempat ini. Tapi itulah pengabdian, logo ikhlas beramal harus benar-benar berada di diri kita,” bebernya.

Tidak hanya itu, ASN di Kantor Kemenag Lobar bekerja sama dengan Baznas Lobar dan PPPK, telah berhasil mengumpulkan sekitar 500 paket sembako yang akan dibagikan ke orang-orang yang tergolong kurang mampu.

Ia menambahkan, kegiatan Festival Ramadhan juga melibatkan Umat Hindu dan Buddha, sehingga suksesi kegiatan ini berkat peran serta semua lintas agama. Bahkan rencana ke depan, tidak hanya orang-orang Muslim, sumbangan paket sembako akan disebarkan ke umat-umat lainnya.

“Mudah-mudahan lewat Safari Ramadhan ini, seluruh ASN Kemenag Lobar beserta para kepala madrasah mendapatkan pencerahan dari Pak Kakanwil NTB. Sehingga hari-hari dapat bekerja dengan baik dan maksimal,”harapnya. (her)