Pengurus Baru IWAPI Lobar Dikukuhkan, Diharapkan Jadi Motor Penggerak Potensi Daerah

0

Mataram (Suara NTB) – DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Lombok Barat resmi dikukuhkan, Kamis, 21 Maret 2024 di Aula Kantor Bupati Lombok Barat. Pelantikan ini dihadiri langsung Ketua IWAPI Provinsi NTB, Hj. Baiq. Diyah Ratu Ganefi,SH, dan Bupati Lombok Barat, Hj. Sumiatun.

Ketua IWAPI Lombok Barat periode 2024-2029 adalah Siti Wahidah. Kepengurusan baru IWAPI Lombok Barat ini diharapkan dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah dan menjadi motor penggerak potensi daerah.

Bupati Lombok Barat, Hj. Sumiatun dalam kesempatan ini mengapresiasi keberadaan IWAPI di daerah yang sedang dipimpinnya ini.

Menurut Sumiatun, bagaimanapun organisasi perempuan pengusaha ini diperlukan untuk mengembangkan UMKM, pelatihan-pelatihan kewirausahaan dan berkontribusi kepada daerah. Hj. Sumiatun senang, Pemkab Lobar, katanya, siap mendukung dan berkolaborasi dengan IWAPI untuk kebermanfaatan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua IWAPI Provinsi NTB, Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi, SH, mengharapkan kepengurusan generasi ketiga dapat membantu memaksimalkan potensi di Lombok Barat. Mengingat kabupaten ini merupakan destinasi unggulan pariwisata, dan ekonomi kreatif.

“Saya menaruh harapan besar kepada IWAPI Lombok Barat ini, karena potensi sangat besar di daerah ini. seperti pariwisata, pertanian hingga kuliner. Lombok Barat mempunyai beberapa gili-gili yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dan beberapa destinasi pariwisata lainnya yang sangat bagus. Jadi saya berpikir DPC IWAPI Lobar itu harus punya peran penting di dalam mengembangkan usaha-usaha yang ada di Lombok Barat,” ujarnya.

Lebih lanjut, DPC IWAPI Lombok Barat diharapkan menjadi mitra strategis pemerintah untuk mengembangkan potensi daerahnya. Didukung pengurusan baru ini hampir 70 persennya merupakan pengusaha dan 30 persennya adalah anggota yang baru memulai usaha. Maka, harapan IWAPI NTB sangat beralasan.

“70 persen ini saya rasa mereka sudah siap di Lombok Barat ini, DPC yang sangat saya harapkan dan menjadi prioritas adalah Lombok Barat. Disamping DPC-DPC lainnya,” katanya. Dalam rangka mendukung sektor pariwisata Lombok Barat, BDRG, sapaan akrabnya, juga mengingatkan pengusaha perempuannya harus memperkuat sektor tersebut dengan mengembangkan potensi pendukung lainnya.

Seperti kuliner, cinderamata, art shop dan lainnya. “Orang berwisata tentunya membutuhkan oleh-oleh sebagai buah tangan dan menjadi kesan saat dia berlwisata di Lombok Barat. Ini juga jadi PR bersama IWAPI untuk terus dikembangkan sisi-sisi pendukung pariwisata,” tambahnya.

Didukung lagi dengan hadirnya pelabuhan internasional kapal pesiar di Lembar, Lombok Barat. Menurut BRGD, semua sisi harus disiapkan. Dan IWAPI Lombok Barat harus tampil mengambil peran, mendukung pemerintah daerah. “Itu sudah dilakukan, dan mudah-mudahan dengan kepimpinan baru ini lebih professional lagi melakukan kerjasama dengan seluruh stakeholder,” demikian BDRG. (bul)