Gerindra dan PPP Siap Berkoalisi di Pilkada Kota Mataram

0

Mataram (Suara NTB ) – Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan sinyal untuk membangun koalisi bersama dalam menghadapi perhelatan Pilkada serentak Kota Mataram. Berdasarkan hasil Pileg 2024, perolehan kursi kedua partai tersebut lebih dari cukup untuk mengusung paket pasangan calon.

Sinyal kedua partai tersebut akan berkoalisi mulai terungkap saat Ketua DPC Partai Gerindra Kota Mataram, Abd Rachman bertandang langsung ke kediaman pribadi Ketua DPW PPP NTB, H. Muzihir di Mataram didampingi putranya H. Weis Arqurnain.

“Kami datang untuk bersilaturahim sambil meminta arahan dari politisi senior Kota Mataram yang juga merupakan Pimpinan PPP NTB Pak H Muzihir. Tentu setelah berulang kali terpilih sebagai wakil rakyat provinsi dari Kota Mataram, beliau memiliki pengalaman panjang tentang bagaimana cara berkiprah mengabdi kepada masyarakat Mataram ini,” ungkap Rachman saat dikonfirmasi terkait kunjungan ke kediaman Muzihir tersebut.

Rachman mengaku kagum dengan sosok Muzihir yang setiap kali ikut berkontestasi dalam pileg tingkat provinsi, tidak pernah meraih kursi dalam posisi kritis. Perolehan suaranya juga terus mengalami peningkatan signifikan. Hal itu menunjukan bahwa ia secara politis memahami situasi masyarakat Mataram, setidaknya dalam 4 kali ikut berkontestasi di pemilu legislatif tingkat provinsi.

“Sejak pileg 2009, peraih 2 dari 5 kursi dewan provinsi di dapil Kota Mataram tidak pernah berganti. Salah satunya ya H Muzihir. Saya yakin beliau pasti punya ilmu dan kemampuan khusus untuk menjaga kepercayaan dan amanah warga Kota Mataram,” sambung Rachman menjelaskan penilaianya tentang sosok H. Muzihir.

Rachman juga mengakui bahwa selain berbincang tentang pengalaman pileg, pembicaraan mereka juga mengarah mengenai pilkada. Secara tidak langsung Ia mencoba meminta informasi tentang arah langkah PPP pada Pilkada Kota Mataram 2024 ini.

Ketua DPW PPP NTB itu mengaku tidak terlalu mempermasalahkan apakah paket incumbent Walikota dan Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana dan TGH Mujiburahman tetap akan maju berpasangan pada pilkada Mataram 2024 nanti. Ia menyatakan bahwa partainya sudah sangat siap untuk menghadapi Pilkada di Mataram. Baik dari sisi kesiapan mesin partai, relawan dan kebutuhan operasional.

“Kita (PPP) sudah sangat siap menghadapi Pilkada di Mataram. Kita wajib maju meskipun incumbent ini tetap berpasangan di Mataram. Saya sudah bicara dengan DPP, kebutuhan operasional kita juga sudah siap dan relawan kita juga sudah sangat siap, kan ada seribu orang lebih itu yang sudah siap bergerak,” yakin Muzihir.

Sementara terkait penilaiannya terhadap sosok Ketua DPC Partai Gerindra Kota Mataram, Muzihir mengaku sangat mengapresiasi kinerja dan pribadi Rachman. Ia mengaku sangat mengetahui sepak terjang politisi muda asal Marong Mataram itu. Karena di beberapa titik basis masyarakat binaan, terkadang kegiatan pembinaanya juga bersinggungan dengan basis binaan Rachman.

“Beliau ini (Abd Rachman) sudah kita tahu kemampuannya. Pribadinya juga kita sudah tahu. Beliau ini termasuk hebat. Apalagi kalau ingat dulu saat pertama kali beliau mendapat kursi dewan kota 2014, perjuanganya luar biasa,” sebut Muzihir.

Menyinggung tentang kemungkinan PPP berdampingan dengan Gerindra pada Pilkada Kota Mataram, Muzihir mengaku hal itu sangat mungkin terjadi. Apalagi melihat perkembang informasi di tingkat pusat terkait besarnya kemungkinan PPP masuk dalam koalisi partai pendukung pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Sangat mungkin kita maju bersama Ketua Gerindra di Pilkada Mataram, kita lihat saja perkembanganya nanti. Kan di pusat juga Ketum kita sudah memberi sinyal untuk itu (kemungkinan bergabung dengan Kolisi Indonesia Maju),” pungkasnya. (ndi)