Berbagi di Bulan Ramadhan, HMPS PGSD FKIP Gelar Baksos ke Panti Asuhan

0

Mataram (Suara NTB) – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Mataram (Unram) menggelar bantuan sosial (baksos) ke Panti Asuhan Hidayaturrahman Mataram. Bantuan yang diberikan berupa sembako seperti beras, telur, mie, sejumlah uang, dan beberapa pakaian layak pakai kepada anak-anak yatim piatu.

Kegiatan ini dilakukan pada Minggu, 24 Maret 2024 yang dimulai pukul 17.00 WITA di Panti Asuhan Hidayaturrahman. Tidak hanya memberikan bansos, HMPS PGSD UNRAM juga mengadakan kegiatan lainnya dalam rangka ngabuburit bersama anak-anak panti. Sambil menunggu waktu berbuka, anggota HMPS memberikan hiburan seperti bernyanyi lagu religi bersama dan bershalawat bersama. Lalu, kemudian dilanjutkan dengan pembagian takjir dan berbuka bersama.

Ketua Umum HMPS PGSD 2024 Ahmad Abdul Hadi menegaskan iselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan makna bagi penyelenggara maupun oleh orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut. “Gerhana ini merupakan singkatan dari Gerakan Ramadhan Penuh Makna, jadi diharapkan dalam proker-proker di dalam Gerhana ini, benar-benar memberikan makna baik dari kita penyelenggara sekaligus orang-orang yang ikut serta dalam kegiatan kita,” ujarnya Senin, 25 Maret 2024.

Ia juga menjelaskan dana yang dikumpulkan untuk kegiatan bansos berasal dari pengurus dan dari aksi galang dana yang dilakukan oleh HMPS PGSD Unram. “Kita adakan open donasi yang alhamdullilah sangat banyak. Baik dalam bentuk uang, bentuk pakaian, sembako, dan lain-lain seperti itu,” ujarnya.

Fitri, salah satu anak di panti asuhan memberikan tanggapan bahagianya terkait acara yang dilaksanakan anak-anak HMPS PGSD tersebut. “Itu aja kita seneng dapat bantuannya itu kak. Soalnya bantuan dari kakak-kakak itu kan bermanfaat bagi adek-adeknya di sini,” ucapnya.

Tiara, salah satu anggota HMPS PGSD yang non-Muslim juga memberikan apresiasi dan menyampaikan perasaannya saat mengikuti kegiatan tersebut. “Canggung sih ya, karena itu kegiatan islamic yang dilakukan oleh para umat muslim himpunan kampus saya. Tapi karena saya merupakan salah satu bagian dari himpunan tersebut, saya bisa merasakan ini adalah kegiatan yang bagus dan baik dilakukan untuk kegiatan seterusnya, karena kita bisa memberikan sedikit rezeki kita kepada adik-adik yang membutuhkan,” jelasnya. (glo)