Pj Gubernur Beri Respons Terkait Isu Keseriusan Maju di Pilgub NTB 2024

0

Mataram (Suara NTB)-Nama Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs H.Lalu Gita Ariadi, M.Si mulai disebut-sebut akan ikut terjun ke gelanggang politik di Pemilihan Gubernur (Pilgub) November 2024 mendatang. Ia dinilai memiliki potensi untuk maju di Pilkada mendatang dengan menggandeng figur non birokrasi.

Bahkan belakangan ini sudah muncul akronim Umroh Lagi yang memiliki kepanjangan Umi Rohmi Lalu Gita, sebagai kandidat bakal calon yang berpotensi meramaikan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Dikonfirmasi ihwal keseriusan maju di Pilkada, Lalu Gita menjawab secara diplomatis. Ia mengaku akan menelaah sejumlah regulasi terlebih dahulu sebelum memutuskan terjun di politik, mengingat saat ini ia masih menjadi Pj Gubernur.

Kita lihat aturan, saya kan Pj sekarang. Bagaimana aturan Pj. Lebih dari itu saya sukses di birokrasi, nah dengan ini jabatan politik, tentu lain lagi situasinya, kata Lalu Gita Ariadi menjawab wartawan, Senin, 25 Maret 2024.

Saat ditanya potensi Umroh Lagi yang besar lantaran suara Lombok Tengah dan Lombok Timur bisa dimaksimalkan untuk keunggulan elektabilitas dan elektoral, Lalu Gita hanya mengaku akan kembali mempelajari politik. Coba saya belajar politik lagi lah, katanya singkat.

Yang jelas lanjut Gita, tugasnya sebagai Pj Gubernur yaitu mengawal langkah-langkah persiapan Pilkada sebagaimana halnya ia ikut mengawal kesuksesan Pemilu 2024 di NTB yang sudah berjalan dengan aman dan lancar.

Saya kan sebagai penjabat, artinya mempersiapkan segala sesuatu. Seperti bagaimana mempersiapkan Pemilu. Kalau ekstrakulikuler yang tadi, nanti kita lihat nanti. Yang jelas saya mempersiapkan Pilkada dalam makna bahwa negara secara serentak akan menggelar Pilkada, imbuhnya.

Ada sejumlah figur yang mengemuka menjadi bakal calon gubernur atau wakil gubernur di Pilkada NTB tahun ini, antara lain Zulkieflimansyah, Sitti Rohmi Djalilah, Lalu Pathul Bahri, Suhaili FT, Lalu Muhammad Iqbal, Sukiman Azmi, W. Musyafirin, Indah Dhamayanti Putri, Mohan Roliskana dan Lalu Gita Ariadi.

Sebelumnya, Gubernur NTB periode 2018-2023 H. Zulkieflimansyah mengungkapkan sudah ada kesepakatan dengan mantan Hj. Sitti Rohmi Djalilah kembali maju pada Pilgub 2024. Bang Zul mengatakan pasangan Zul-Rohmi jilid II akan deklarasi usai lebaran.

“Sejauh ini komunikasi sama Bu Rohmi baik. Dan kami sudah sepakat melanjutkan Zul-Rohmi Jilid II,” kata Bang Zul pekan kemarin.

Ketua DPP PKS itu mengklaim hasil survey yang menginginkan pasangan Zul-Rohmi maju lagi pada periode kedua. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, sekitar 85 sampai 86 persen masyarakat NTB menginginkan pasangan Zul-Rohmi jilid II.
“Jadi, pasangan Zul – Rohmi jilid II sudah jadi kesepakatan. Tapi tiba-tiba ada dinamika berubah, kita gak ngerti. Jadi harus siap sedia. Supaya jangan shock,” kata Bang Zul.

Diungkapkan, pasangan Zul-Rohmi jilid II akan segera melakukan deklarasi setelah lebaran. Deklarasi akan dilakukan sepulang Ketua Dewan Pertimbangan DPW Perindo NTB Hj.Sitti Rohmi Djalilah melaksanakan ibadah umrah. “Kalau tidak ada aral melintang mungkin setelah lebaran deklarasi Zul – Rohmi jilid II,” ungkap Bang Zul.(ris)