Jalan Senayan – Lamusung akan Dibangun Tahun Ini

0

Taliwang (Suara NTB) – Pembangunan jalan alternatif Senayan – Lamusung dipastikan akan mulai dikerjakan tahun ini. Demikian janji tersebut disampaikan bupati Kabupaten Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin kepada masyarakat kecamatan Seteluk, saat gelar Safari Ramadhan, Jumat lalu.

Sebagai jalan anternatif, jalan Senayan – Lamusung nantinya akan membuka akses luas di sekitar kecamatan Seteluk. Menurut bupati, jalan itu sengaja dibangun dalam rangka pengembangan wilayah khususnya di kecamatan Seteluk. “Nanti area permukiman di Seteluk ini bisa berkembang, akses jalan pertanian juga akan lebih mudah lagi karena adan jalan rayanya,” paparnya.

Jalan Senayan – Lamusung juga kata bupati disiapkan sebagai akses menuju desa pemekaran baru, yakni desa Seteluk Rea. Bupati menjelaskan, agar sebuah wilayah cepat berkembang maka keberadaan akses jalan yang memadai adalah kuncinya. “Kalau jalannya sudah representatif, nyaman dilalui tidak rusak. Nah pasti desa itu akan mudah ditata juga kan,” ujarnya.

Namun sebelum itu, bupati meminta dukungan masyarakat Seteluk. Bupati mengatakan, tender pembangunan jalan tersebut dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Namun sebelumnya akan ada proses pembebasan lahan terlebih dahulu.

“Nanti akan tim apraisal yang turun. Mereka tugasnya menilai biaya pembebsan lahan. Nah kalau mereka sudah tetapkan harganya, maka kita (pemerintah) tidak bisa ganggu gugat lagi. Maka harapan kami, yang lahannya dibebakan diterima harga pembayarannya tersebut,” papar bupati.

Orang nomor satu di KSB ini, tidak ingin persoalan jalan jalur dua Taliwang terulang di pembangunan jalan Senayan – Lamusung ini. Bupati menyebut, hanya gara-gara satu orang menolak melepaskan tanahnya proses pembangunan akhirnya sempat terbengkalai. “Anggaran pembangunan jalan yang sudah disiapkan terpaksa dikembalika ke kas daerah waktu itu,” kenang bupati.

Selanjutnya bupati menyampaikan, pembangunan jalan alternatif Senayan – Lamusung ini akan langsung hingga pada pengerjaan hotmix-nya. Sehingga jika tidak ada halangan, akhir tahun 2024 ini sudah dapat digunakan sebagai akses alternatif dari Poto Tano ke Taliwang maupun sebaliknya.

Kegiatan Safari Ramadhan bupati di kecamatan Seteluk ini dilaksanakan di Masjid Baburrahman, Desa Seteluk Tengah. Pada rombongan safari kali ini, Wakil Bupati Fud Syaifuddin, jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah H. Amar Nurmansyah, Ketua PKK KSB Hj. Hanipa Musyafirin turut hadir. Dalam kesempatan tersebut Pemda KSB juga memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat miskin, Lansia dan bantuan kepada yayasan masyarakat serta masjid. (bug)