Gelar Patroli Malam, Puluhan Pengendara Roda Dua Diberikan Surat Tilang

0

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 75 pengendara roda dua yang melanggar lalu lintas diberikan surat tilang dalam kegiatan patroli malam yang dilakukan personil gabungan (TNI, Polri, Dishub, dan Pol PP), Minggu, 24 Maret 2024 dinihari di ruas jalan Udayana di Kota Mataram. “Total ada sekitar 75 pengendara yang kita berikan surat tilang karena melakukan pelanggaran lalu lintas salah satunya tidak menggunakan helm,” kata Kasat Lantas Polresta Mataram Kompol Bowo Tri Handoko, kepada Suara NTB,  Minggu, 17 Maret 2024.

Patroli malam yang bertepatan usai pelaksanaan operasi Keselamatan Rinjani juga dilakukan untuk mengantisipasi balap liar. Terlebih umat muslim sedang menjalankan ibadah ramadhan sehingga operasi penertiban pelanggaran lalu lintas diharapkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. “Sejumlah pengendara yang kita berikan surat tilang itu didominasi usia pelajar dan mahasiswa (17-25 tahun) dengan rata-rata pelanggaran tidak menggunakan helm dan knalpot brong,” ucapnya.

Bowo turut menegaskan bahwa selain penegakan hukum, pihaknya gencar melakukan penyuluhan ke pengendara yang melintas, bahkan sekolah-sekolah untuk tertib berlalu lintas. Karena jika melanggar maka dampaknya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. “Demi keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran Lalu lintas (Kamtibselcar Lantas) dalam rangka menekan munculnya Laka Lantas,” sebutnya

Dirinya sangat berharap kepada masyarakat untuk tidak lagi yang melakukan aksi balap liar dan pelanggaran lalu lintas lainnya. Masyarakat juga diharapkan bisa memberikan informasi kepada petugas ketika ada aksi balap luar untuk diberikan atensi khusus. “Resikonya sangat membahayakan keselamatan bagi yang melakukan aksi balap liar makanya kami minta agar masyarakat berperan dalam memberikan informasi untuk menekan aksi tersebut,” tandasnya. (ils)