Unham Ikuti Program INTACT Kementerian Pendidikan Taiwan

0

Selong (Suara NTB) – Universitas Hamzanwadi (Unham) mengikuti program International Talent Circulation Base (INTACT) yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan Taiwan dan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Humas Universitas Hamzanwadi, Dr. Muhammad Halqi kepada Suara NTB, Jumat, 22 Maret 2024 menjelaskan, Kegiatan INTACT ini berlangsung tanggal 21 Maret 2024 dihadiri Sekretaris Pusat Kerjasama dan Kehumasan Universitas Hamzanwadi Jamaluddin, M.Eng hadir mewakili kampus.

Hadir dalam pertemuan tersebut Sebanyak 50 perguruan Perguruan Tinggi Indonesia baik negeri maupun swasta. Menurut Jamaluddin menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan seluas luasnya kepada SMA/SMK serta perguruan tinggi di Indonesia yang ikut bergabung dalam kegiatan tersebut untuk menjalin kemitraan dengan 25 kampus yang ada di Taiwan.

Ia menegaskan, salah satu manfaat dari INTACT base program ini adalah diberikannya beasiswa dan kesempatan bekerja (internship) pada perusahaan internasional bagi mahasiswa dan dosen perguruan tinggi mitra.

Jenjang pendidikan yang ditawarkan program ini beragam, dari jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktoral dengan bidang yang bervariasi. Bidang utama yang disasar adalah STEM, semiconductor dan finance.

Kalau melihat peluang, program ini sangat penting, untuk itu Universitas Hamzanwadi dapat bekerjasama dengan beberapa universitas di Taiwan bisa dijadikan mitra dalam program tersebut.

Wakil Rektor III Dr. H Musifuddin menyampaikan pentingnya kegiatan INTACT dalam mengakselerasi proses pembelajaran dan pengembangan kualitas sumber daya manusia dengan dunia global.

Kegiatan semacam ini juga menciptakan platform yang memungkinkan terciptanya kolaborasi riset dan pengembangan antara institusi pendidikan yang dapat berdampak positif bagi masyarakat dan industri.

Melalui partisipasi aktif dalam program INTACT dan kerja sama internasional lainnya, Universitas Hamzanwadi dapat terus memperkuat posisinya sebagai pusat pendidikan unggulan yang berkontribusi pada pembangunan dan kemajuan global. (rus)