Tampil di Kancah Internasional, Dosen Unram Wakili Indonesia dalam Program Unilead 2024

0

Mataram (Suara NTB) – Sekretaris Kantor Urusan Internasional Universitas Mataram (KUI Unram) sekaligus Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unram (FKIP Unram) Dr. Dewi Satria Elmiana, M.Pd. terpilih menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berkesempatan mengikuti The University Leadership and Management Training Programme (Unilead) di University of Oldenburg, Jerman yang berlangsung dari Januari-September 2024.

Unilead merupakan program yang diselenggarakan oleh German Academic Exchange Service (DAAD) dan Center for Lifelong Learning (C3L) University of Oldenburg. Program ini memungkinkan para pemimpin muda dalam bidang manajemen pendidikan tinggi di lembaga-lembaga pendidikan tinggi di negara-negara berkembang dan negara-negara yang sedang berkembang untuk mengatasi tantangan-tantangan yang ada.

Elmiana membawa project yang berfokus pada “Strategic Management on the Improvement of Higher Education Quality by Effective Inter-University Cooperation”. Elmiana menjelaskan bahwa program Unilead meliputi beberapa tahapan yang terdiri dari presentasi proposal dan pelatihan di Jerman, pengimplementasian program di Unram dan pelaporan hasil akhir di Jerman pada bulan september mendatang.

“Melalui kegiatan Unilead ini saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru khususnya tentang international strategy dan strategic management yang berkaitan dengan usulan project yang saya kerjakan saat ini,” ungkap Elmiana.

Unilead mencakup beberapa bidang seperti Project Management, Strategic Management & Academic Leadership and Human Resource Management. Dalam program ini terdapat 25 peserta yang berasal dari 25 negara berbeda yang mencakup Asia Tenggara; Amerika Selatan dan Meksiko; Afrika Utara dan Sub-Sahara; serta Timur Tengah dan Afrika Utara. (ron)