Program Selama Ramadhan, Baznas Lobar Salurkan Zakat untuk Fakir Miskin

0

Giri Menang (Suara NTB) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Barat (Lobar) melaksanakan tiga program besar pada bulan Ramadhan ini. Salah satunya, penyaluran atau pentasyarufan Zakat, Infaq dan Sadaqah kepada masyarakat kurang mampu atau fakir miskin.

Penyaluran zakat yang menyasar 2.440 orang warga tak mampu tersebut, dilakukan bersamaan saat kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Lobar.

Ketua Baznas Lobar, TGH Taesir.,LC.,MA., menerangkan tiga program yang dilaksanakan pihaknya di bulan Ramadan telah masuk dalam RKAT yang sudah disahkan oleh Baznas Pusat, sehingga pihaknya bekerja sesuai RKAT tersebut. “Ada tiga program besar yang kami laksanakan pada bulan ramadhan ini, yakni pentasyarufan Zakat Infaq, dan Sedekah kepada 2.440 orang fakir miskin se Lobar. Beasiswa, S1,S2,S3 termasuk mahasiswa di luar negeri. Dan program menjelang datangnya Idul Fitri, adalah bantuan menyasar tenaga honorer OPD lingkup Pemkab Lobar,”jelas TGH Taesir, Jumat, 22 Maret 2024.

Program pertama, sebut pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Assohwah Al-islamiyah ini, pentasyarufan Zakat Infaq, dan Sadaqah untuk fakir miskin se-Kabupaten Lobar. Di mana desa dan kelurahan jumlah totalnya 122, diambil masing-masing 20 orang per desa atau kelurahan. Sehingga total fakir miskin yang diberikan bantuan Zakat Infaq, dan Sadaqah 2.440 orang.”Ini kita distribusikan, tasyarufkan bersamaan dengan jadwal Safari Ramadhan Pemda Lobar,”jelasnya.

Penyaluran atau pendistribusian zakat ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan Safari ramadhan Pemda Lobar. Dimana sejauh ini, yang sudah disasar pentasyarufan ke empat desa di empat kecamatan seperti Sekotong, Lembar, Batulayar dan Gunungsari.

Selanjutnya menyasar Kecamatan Gerung, Lingsar, Kuripan dan Narmada. Program kedua, adalah beasiswa kepada mahasiswa Lobar yang menempuh pendidikan jenjang S1,S2,S3 termasuk mahasiswa di luar negeri.

Disebutkan, untuk dua program masing-masing program fakir miskin (kemanusiaan) dan beasiswa (pendidikan) tersebut membutuhkan anggaran Rp1,1 miliar. Kemudian program ketiga, menjelang datangnya Idul Fitri, adalah bantuan menyasar tenaga honorer OPD yang ada di Pemkab Lobar. “Jadi ini salah satu program Kami untuk para honorer OPD di lingkup Pemkab Lobar,” ujarnya. (her)