Lantai Kantor Rusak, Pemda Dompu Rehab Bertahap Kantor Bupati

0

Dompu (Suara NTB) – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu merehabilitasi kantor Bupati Dompu dengan mengganti keramik lantai pertama. Proyek rehabilitasi dengan alokasi anggaran sekitar Rp200 juta ini hanya mengganti granit bagian lorong, kendati hampir semua lantai bangunan ini granitnya sudah terkelupas.

Kepala Bagian Umum Setda Dompu, Irfan, S.Pt., MSI kepada Suara NTB, Kamis, 21 Maret 2024 mengaku, pergantian total granit lantai kantor Bupati yang sudah banyak rusak ini dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal ini dialokasikan Rp200 juta dan hanya cukup untuk bagian lorong yang rusak parah. Bahkan di ruang kerja wakil Bupati belum bisa diganti karena tidak cukup anggaran. “Untuk sekang, kita ganti di lorong saja,” katanya.

Rehab total lantai granit di kantor Bupati ini dilakukan karena sudah tidak bisa diperbaiki dengan sistem tambal sulam menggunakan granit sejenis. Ketika diperbaiki dengan menambah perekat, tetap saja terkelupas kembali. Sehingga sekarang dibongkar total dan dilakukan proses pemadatan kembali, baru dilakukan pemasangan ulang dengan kramik.  “Sekarang kita bongkar semua pada bagian yang diperbaiki. Kita ganti dengan keramik,” katanya.

Dengan rehab ini, Irfan berharap, lantai kantor Bupati lebih aman. Karena sebelumnya, banyak yang mengeluh dan alami kecelakaan karena tersandung granit yang terkelupas. Apalagi granit ini ukuran besar 80 x 120 cm. Ketika bagian ujung diinjak, pada ujung lainnya akan terangkat. Sehingga rawan terjadi kecelakaan bagi karyawan maupun tamu yang jalan.

Sebelum direhab ini, Irfan mengaku, pada bagian emperan kantor Bupati maupun di ruang kerja Bupati sudah lebih awal direhab. Pasca direhab, tidak lagi terkelupas walau menggunakan keramik. “Emperan depan dan di ruang Bupati, sudah diganti dengan keramik. Sudah tidak terkelupas lagi,” katanya. (ula)