THR Pegawai Cair Pekan Depan

0

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram terus mempercepat penyelesaian peraturan walikota tentang pembayaran tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil dan tenaga honorer di OPD yang mengelola keuangan badan layanan umum daerah (BLUD). Ditargetkan pembayaran tunjangan hari raya keagamaan paling lambat pekan depan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram, H. M. Syakirin Hukmi dikonfirmasi kemarin menjelaskan, pembayaran tunjangan hari raya keagamaan bagi aparatur negara, pensiunan, penerima pensiunan, dan tenaga honorer di instansi pengelola BLUD telah ada surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri RI, untuk percepatan pembayaran. Pihaknya telah menyiapkan konsep peraturan walikota yang ditargetkan segera rampung, sehingga pembayaran THR bisa dilakukan pekan depan. “Mudah-mudahan sudah selesai Perwalnya dan kita bayar THR-nya paling tidak tanggal 26-27 Maret,” jelas Syakirin.

Kementerian Keuangan RI memberikan keringanan bagi daerah untuk membayar THR pasca lebaran. Menurut Syakirin, tujuan pemberian THR untuk persiapan lebaran. Oleh karena itu, Walikota Mataram H. Mohan Roliskana sebutnya, mengeluarkan kebijakan THR dibayar sebelum hari raya.

“Pokoknya tergantung dari Perwalnya. Kalau sudah jadi langsung kita konsultasi ke Bagian Hukum. Setelah oke dan administrasinya lengkap, langsung kita bayarkan,” terangnya. Syakirin menyebutkan bahwa anggaran yang digelontorkan untuk membayar THR ASN mencapai Rp35 miliar lebih.

Di satu sisi, pemberian THR kepada ASN dan tenaga honorer berpengaruh terhadap pergeseran anggaran. Syakirin menegaskan, pergeseran anggaran tidak akan mempengaruhi atau mengganggu program strategis di Kota Mataram.

Program skala prioritas dipastikan akan tetap berjalan. Pergeseran anggaran dilakukan karena ada dana alokasi khusus (DAK). “Kalau tidak dilakukan pergeseran maka kami akan terlambat melakukan pelaporan,” demikian kata Syakirin. (cem)