Ciptakan Ketentraman Ibadah Puasa Pemdes Golong Bentuk Tiga Satgas Pengamanan

0

Giri Menang (Suara NTB) – Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban serta kenyamanan selama bulan Ramadhan ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Golong, Kecamatan Narmada membentuk satgas pengamanan. Satgas ini melibatkan sejumlah unsur di desa setempat.

Sekretaris Desa Golong Achmad Syukri menerangkan pihaknya telah rapat untuk pembentukan satgas pengamanan, dihadiri perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, kepala dusun (kadus) dan linmas. “Ada tiga Satgas yang kami bentuk, satgas Pengamanan petasan,Satgas Balap Liar dan Satgas Operasi Kamtibmas,” sebutnya kemarin.

Dijelaskan, masing-masing satgas memiliki fungsi. Seperti Satgas Pengamanan Petasan, untuk mencegah terjadinya perang mercon kepada remaja yang sedang jalan-jalan ketika selesai Salat Subuh.

Satgas Balap Liar, berupaya mencegah balap liar yang biasa terjadi pada bulan suci Ramadhan di jalan Raya Tibupiling KM 15 Desa Golong dan sekitarnya. Dan Satgas Operasi Kamtibmas, untuk meningkatkan keamanan lingkungan di wilayah Desa Golong yang mana pada bulan suci Ramadhan kerap terjadi pencurian.

Disebutkan aksi balapan liar kerap terjadi di depan Al Kamal timur kantor desa. Biasanya aksi ini dilakukan jam 12 malam ke atas. Untuk petasan, kerap dilakukan di daerah perbatasan Desa Keru dengan Desa Golong (di bawah lapangan golf).

Ia menambahkan berbagai kegiatan pengamanan yang dilakukan Satgas ini telah dijadwalkan. Sedangkan untuk kegiatan Safari Ramadhan, pihak desa berencana melaksanakan akhir bulan Ramadhan ini. (her)