Kota Mataram Terima 676 Formasi CPNS dan PPPK

0

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram menerima jatah formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) mencapai 676 formasi pada tahun 2024. Rincian kebutuhan formasi jabatan akan segera disampaikan kembali ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Lalu Alwan Basri didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Taufik Priyono ditemui pada Rabu, 20 Maret 2024 menjelaskan, pengadaan calon pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diusulkan ke pemerintah pusat sebanyak 685 formasi. Terdiri dari usulan tenaga kependidikan untuk calon pegawai negeri sipil sembilan formasi dan PPPK sejumlah 96 formasi, sehingga total formasi tenaga kependidikan 105 formasi.

Sementara, tenaga kesehatan yang diusulkan 13 formasi untuk CPNS dan 87 formasi untuk PPPK. Untuk tenaga teknis diusulkan 80 formasi untuk CPNS dan 400 formasi untuk PPPK. “Jadi yang kita usulkan ke pemerintah pusat secara keseluruhan 685 formasi,” sebut Alwan.

Pemerintah pusat dalam hal ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dan Badan Kepegawaian Negara kemudian memberikan rekomendasi untuk formasi tenaga kependidikan hanya pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sejumlah 96 formasi.

Tenaga kesehatan sejumlah 13 formasi untuk calon pegawai negeri sipil dan 87 formasi PPPK. Tenaga teknis tidak mengalami perubahan yakni, 80 formasi CPNS dan 400 formasi PPPK. Secara keseluruhan formasi yang diterima Kota Mataram, 676 formasi CPNS dan PPPK. “Cuma sembilan formasi CPNS tenaga guru saja dihapus, karena semua guru harus PPPK,” terangnya.

Pasca menerima rekomendasi tersebut, pihaknya segera membuat rincian formasi jabatan yang dibutuhkan. Pihaknya harus melakukan penyesuaian terhadap perubahan formasi yang diterima dari pemerintah pusat.

Sekda mengatakan, pemerintah pusat memberikan waktu selama 14 hari kerja untuk melaporkan formasi jabatan yang dibutuhkan pada pengadaan CPNS dan PPPK di tahun 2024. “Kita terima rekomendasinya tanggal 14 Maret. Jadi masih ada waktu sampai akhir Maret untuk menyampaikan formasi jabatannya,” jelasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Mataram, Taufik Priyono menambahkan, formasi jabatan yang dibutuhkan sedang dikerjakan menyesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing organisasi perangkat daerah. Perumusanan formasi jabatan dikoordinasikan dengan Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kota Mataram. “Kita mau kerjakan jabatan mana saja yang dibutuhkan,” tambahnya. (cem)