Bupati Ajak HWSB Dukung Pengembangan KI KSB

0

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin terus mengajak berbagai elemen agar mendukung terealisasinya pembentukan Kawasan Industri (KI) KSB. Seperti saat menghadiri buka puasa bersama Himpunan Warga Sumbawa Barat (HWSB) Jabodetabek di Jakarta, Selasa, 19 Maret 2024, orang nomor satu di KSB ini meminta dukungan yang sama kepada himpunan warga KSB perantau itu.

“Yang menjadi tugas saya (bupati) sekarang ini bagaimana keberadaan smelter yang ada di daerah kita bisa dikembangkan menjadi kawasan industri. Ini yang saya minta kepada teman – teman untuk mendukungnya,” kata bupati dalam sambutannya.

Menurut bupati, potensi pengembangan KI KSB dengan keberadaan smelter PT Amman Nusa Tenggara (AMNT) sangat besar. Dan untuk mengundang investasi baru guna pengembangannya diperlukan banyak daya dukung termasuk soal eksternal. “Bentuk dukungan eksternal itu seperti kondusifitas daerah. Dan itu tugas kita masyarakat KSB,” cetusnya.

Bupati mencontohkan, bagaimana kawasan industri berkembang pesat karena adanya dukungan berbagai pihak. Seperti di Labuhan Bajo, NTT dan Mandalika. kata bupati kedua kawasan tersebut sebelumnya merupakan daerah tandus dan tidak punya potensi mencolok.

Akan tetapi ketika para pengusaha bersepakat untuk berinvestasi di daerah tersebut. Maka kata bupati jadilah labuhan Bajo dan Mandalika seperti yang sekarang ini. “Lihat Labuhan Bajo dan Mandalika sekarang pesat sekali,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, turut memaparkan berbagai keberhasilan pembangunan yang telah diwujudkan selama memimpin Kabupaten Sumbawa Barat. Bupati mengatakan bahwa indikator keberhasilan pembangunan daerah dapat dilihat dari IPM yaitu berkaitan dengan daya beli, pendidikan dan kesehatan. “Alhamdulillah IPM KSB untuk kategori Kabupaten nomor 1 di NTB, dan jika di urutkan dengan Kota, maka KSB berada pada nomor urut 3 setelah Kota Mataram dan Kota Bima,” imbuhnya. (bug)