Ramadhan, ZIS Ditarget Capai Rp3 Miliar

0

Selong (Suara NTB) – Bulan suci Ramadhan menjadi momentum untuk berbagi terhadap sesama. Momentum peningkatan nilai ibadah ini berdampak pada peningkatan nilai Zakat Infak dan Sedekah (ZIS). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan ramadhan ini ditarget perolehan ZIS Rp 2-3 miliar.

Demikian dikemukakan Ketua Baznas Lotim, Ismul Basar menjawab Suara NTB, Senin, 18 Maret 2024. Perolehan zakat ini ditarik dari zakat aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Lotim dan para Muzakki (wajib zakat) lainnya.

Dalam upaya mencapai target tersebut diimbau kepada seluruh Muzakki untuk menyalurkan zakat infak dan sedekahnya lewat Baznas. Baznas Lotim kita terus berusaha dengan menggencarkan Gerakan Cinta Zakat yang sudah disebar di 254 desa/kelurahan se Kabupaten Lotim.

Sementara itu, secara keseluruhan pada tahun 2024 ini Baznas Lotim menargetkan penarikan zakat Rp19 miliar. “Mudah-mudahan bisa tercapai 75 persen, itu sudah bagus,” ujarnya.

Selanjutnya, Baznas Lotim juga terus menyalurkan bagi para mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat. Yakni fakir, miskin, amil, muallaf atau orang yang baru masuk Islam, riqab adalah budak atau hamba sahaya yang ingin memerdekakan diri sendiri, gharimin atau orang yang berutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, fisabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah dan Ibnu Sabil adalah orang yang kehabisan biaya dalam perjalanan ketaatan kepada Allah. (rus)