Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan 2024 Dimulai, Bisa ”Ngabuburit”, Menikmati Bazar UMKM dan Beribadah di Islamic Center

0

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB didukung Bank NTB Syariah menggelar kembali kegiatan Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center (IC) NTB. Pada momentum puasa 1445H/2024 ini, Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan mengambil tema “1001 Kreasi di Bulan Suci”. Dibuka secara resmi, Senin, 18 Maret 2024 oleh Penjabat Sekda NTB, Ibnu Salim, didampingi Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Rahardjo.

Sejak dibuka, komplek belakang IC berubah dari biasanya. Tempat ini menjadi semakin ramai didatangi anak-anak, keluarga yang ngabuburit, dan bersantai hingga malam. Sembari beribadah di IC kebanggaan NTB. Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan diselenggarakan selama 20 hari kedepan di Bulan Ramadhan. Dimeriahkan dengan bazar yang melibatkan para pelaku UMKM dan Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) NTB.

Gelegar Pesona Khazanah juga diramaikan kegiatan-kegiatan edukatif, kreatif  dan pertunjukan seperti Book Fair, Pameran Seni Budaya Islam, Pameran Busana, Pameran Hadycraft, Pameran Tour and Travel, Lomba Foto dan Video, Talkshow, E-Sport, Lomba Mewarnai, Fashion Show Umum dan OPD, Pildacil dan dimeriahkan wahana permainan anak-anak lainnya.

Penjabat Sekda NTB,  Ibnu Salim menyebut event ini dihadirkan dengan semangat ekspresi keagamaan dalam balutan pemberdayaan ekonomi masyarakat terutama Usaha Kecil Menengah. “Energi dimensi ukhrowi itu kita perluas lagi melalui kegiatan yang produktif menumbuhkan ekonomi dan menjaga inflasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Jamaluddin Malady mengatakan, Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan tahun ini berbeda dengan yang sudah dilakukan sebelumnya. Sejarahnya, kegiatan Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan didukung oleh Bank NTB Syariah.

“Lalu saat gempa dan covid-19, pemerintah cari sponsor sendiri , itupun berat sekali karena kondisi APBD. Sekarang kita kembalikan khittah (pemikiran/perjuangan) dulu Bank NTB Syariah yang pertama menyelenggarakan festival Ramadhan,” ujarnya.

Jamaludin Malady menambahkan, menariknya event Ramadhan tahun ini, selain UMKM, dilibatkan pedagang-pedagang lapak dibawah APKLI, termasuk mainan anak-anak. Dengan adanya wahana permainan anak-anak ini, diyakini akan banyak orang tua yang ikut. “Pasti banyak yang menyambut buka puasa disini dan meramaikan kegiatan ini. Pariwisata lokal. Kan dampaknya ke ekonomi masyarakat,” demikian kepala dinas.

Terpisah, Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Rahardjo menyampaikan, Bank NTB Syariah ditunjuk oleh Pemprov NTB untuk menyelenggarakan Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan sebagai brand daerah.

Awalnya, kegiatan ini akan dilakukan oleh Bank NTB Syariah di kantor pusatnya di Jalan Udayana. Memanfaatkan ruang terbuka yang sudah disiapkan untuk publik. Gayung bersambut, Pemprov NTB ingin melakukan kegiatan ini sehingga dilakukan bersama di komplek IC.

Kegiatan ini dihajatkan sebagai kemudahan kepada pelaku UMKM untuk bisa berjualan disatu tempat yang sudah disiapkan. “Karena IC ini menjadi pusat beribadah, sekalian disiapkan acara yang melibatkan masyarakat, sehingga selain beribadah di IC, masyarakat bisa meramaikan event Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan. Tentunya, mendorong ekonomi kerakyatan,” demikian Kukuh. (bul)