Dosen Didorong Tingkatkan Kualitas Karier

0

Mataram (Suara NTB) –  Biro SDM dan Administrasi Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) menggelar “Workshop Peningkatan Kualitas Karier Dosen” di Aula Abdurrahim Unizar, Senin, 18 Maret 2024.  Hadir sebagai narasumber dari Biro Sumber Daya Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII, yakni A.A. Gde Gria Pemecutan, SE., MM. dan Ir. Made Juliasa, ST., MM.

Lebih dari seratus dosen menghadiri acara tersebut secara langsung, sementara beberapa puluh lainnya ikut bergabung melalui platform daring. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen institusi dalam mendukung pengembangan profesionalisme dosen di lingkungan kampus.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Biro SDM dan Administrasi Unizar, Diah Meidatuzzahra, S.Si., M.Si, menyoroti tantangan dan peluang yang dihadapi oleh dosen-dosen Unizar. Dari dosen tetap yang terdaftar, belum semuanya bersertifikasi. Melalui workshop ini, harapannya adalah para dosen dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang proses sertifikasi dan strategi pengembangan karir.

“Di Unizar, saat ini terdapat 247 Dosen Tetap dengan NIDN dan NIDK, dan jumlah ini terus bertambah seiring dengan proses pengajuan NIDN baru. Dari jumlah dosen tersebut, hanya sekitar separuhnya yang telah mendapatkan jabatan fungsional, dengan 71 di antaranya sudah bersertifikasi sebagai pendidik profesi dosen. Menghadapi tantangan ini, Biro SDM dan Administrasi menggelar Workshop Peningkatan Kualitas Karier Dosen untuk memberikan pemahaman kepada dosen-dosen tentang strategi pengembangan karier,” jelasnya.

Workshop ini membahas pentingnya memiliki akun Sister sebagai langkah awal, diikuti dengan pengisian BKD setiap akhir semester untuk memenuhi syarat naik jabatan fungsional. “Harapannya adalah dengan workshop ini, para dosen dapat lebih memahami proses karir mereka, dengan dukungan dari narasumber yang ahli di bidangnya,” ungkapnya.

Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP., dalam sambutannya, menekankan pentingnya partisipasi dosen dalam kegiatan ini. Ia menyoroti bahwa workshop ini tidak hanya berkaitan dengan peningkatan karir individual, tetapi juga bagaimana peran dosen dalam meningkatkan mutu pendidikan di Unizar. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang proses sertifikasi dan manajemen data akademik, diharapkan dosen dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Workshop ini membantu para dosen memahami tugas-tugas dalam meningkatkan karier. Selain itu, saya juga ingin menyampaikan pesan kepada semua Dekan di Unizar tentang pentingnya pengelolaan data akademik melalui PDDikti. Akreditasi ke depan akan didasarkan pada data yang tercatat dalam PDDikti, oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa laporan nilai mahasiswa di PDDikti sesuai dengan transkip nilai yang diterima oleh mahasiswa. Karena itu, mari kita bersama-sama memastikan agar tidak ada perbedaan yang mencolok antara kedua laporan tersebut,” pesan Rektor.

Hadir juga pada kesempatan ini di antaranya: Ketua Senat Akademik, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kepala BPM, Kepala LPPM, para Dekan di Lingkungan Unizar, para Kepala Biro, dan para dosen.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi dosen, tetapi juga bagi institusi secara keseluruhan. Rektor berharap melalui workshop ini, Unizar akan memiliki dosen-dosen yang lebih berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. (ron)