Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Unwanul Falah, Tradisikan Setor Hafalan di Bulan Ramadhan

0

Selong (Suara NTB) – Setiap tahunnya, Pondok Pesantren Unwanul Falah di Desa Paok Lombok Kecamatan Suralaga Lombok Timur (Lotim) kembali menunjukkan komitmennya dalam membina generasi muda Islam yang cinta Al-Qur’an. Memanfaatkan momen suci Ramadhan, para santri tak hanya meningkatkan hafalan Al-Qur’an mereka, tetapi juga membangun karakter dan kedisiplinan.

Di bawah bimbingan Ustadz H. Lalu Muhayyan, para santri dengan penuh semangat dan dedikasi menjalani kegiatan setoran hafalan Al-Qur’an. Setiap hari, mereka bergiliran menyetorkan hafalan mereka di hadapan para mustamiq, membuktikan keinginan mereka untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda di bulan yang penuh berkah ini.

Salah satu santriwati, Laelatul Najwa, menyatakan kegembiraannya dalam mengikuti kegiatan setoran hafalan, yang tidak hanya meningkatkan motivasinya dalam menghafal Al-Qur’an tetapi juga memungkinkannya untuk saling menyemangati dengan teman-teman sesama santri.

Tradisi setoran hafalan ini bukan hanya sekedar latihan hafalan, tetapi juga merupakan wadah untuk membentuk karakter yang tangguh. Para santri belajar untuk fokus, tekun, dan pantang menyerah dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an, menjadikan mereka calon-calon hafidz Qur’an yang akan menjadi penerus dakwah Islam di masa depan. (rus)