DPRD NTB Apresiasi Kinerja KPU dan Bawaslu Sukses Laksanakan Pemilu 2024

0

Mataram (Suara NTB) – Pimpinan DPRD Provinsi NTB memberikan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara pemilu di NTB, dalam hal ini KPU dan Bawaslu yang dinilai telah cukup sukses melaksanakan perhelatan pemilu 2024 dengan baik. Kerja-kerja yang dilakukan penyelenggara pemilu berjalan dengan aman dan lancar setiap tahapan.

Atas hal itu, Wakil Ketua II DPRD NTB, H. Muzihir menyanpaikan bahwa pihaknya patut memberikan penghargaan kepada seluruh penyelenggara pemilu baik itu KPU, Bawaslu dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten kota hingga di tingkat paling bawah yang telah melaksanakan tugas berat menyelenggarakan pemilu dengan baik.

Alhamdulillah wasyukurillah kami ucapkan, kepada penyelenggara pemilu 2024 diwilayah kita NTB ini dapat berjalan dengan baik, sesuai yang kita harapkan. Tidak ada gejolak di masyarakat, semuanya aman dan tertib,” ujar Muzihir.

Ketua DPW PPP NTB ini menambahkan, kelancaran pemilihan presiden wakil – presiden, serta pemilihan legislatif di NTB adalah buah manis dari seluruh pihak. Bahkan para kontestan juga mengambil peran besar bagi kondusifnya pesta demokrasi.

“Semua peserta pemilu damai, kalaupun ada dinamika-dinamika itu biasa dan masih dalam batas normal, wajar. Setelah perhitungan suara diketok KPU, semua peserta pemilu menerima dengan baik,” katanya. Adanya perbedaan pilihan, lanjutnya, adalah sebuah kewajaran dalam kehidupan berdemokrasi. Sehingga masyarakat diminta untuk menghargai dan menghormatinya. “Mari kita kembali rukun dan menguatkan silaturahmi untuk kebaikan bersama,” ungkapnya.

Muzihir juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada aparat keamanan, dalam hal ini TNI/Polri yang juga turut mengawal pelaksanaan pemilu di semua tahapan dan level. Sehingga pemilu dapat berjalan dengan lancar aman tanpa gangguan.

Diketahui perolehan suara pemilu 2024 telah ditetapkan oleh KPU secara berjenjang, mulai dari tingkat KPU kabupaten/kota, provinsi sampai dengan KPU RI. KPU NTB juga mencatat tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024 ini.

Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil pemilu DPRD Provinsi NTB. KPU Provinsi NTB mencatat terjadi peningkatan angka partisipasi masyarakat pada pemilu 2024 ini dibandingkan pemilu 2019. Peningkatan partisipasi untuk pileg DPRD Provinsi meningkat sebesar 1,93 persen menjadi 84,68 persen.

“Secara umum partisipasi mengalami peningkatan, tak hanya pemilu anggota DPRD Provinsi, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden juga naik sebesar 1,94 persen menjadi 84,85 persen. Sedangkan untuk Pemilu DPR meningkat 1,95 persen menjadi 84,72 persen, dan Pemilu DPD meningkat 1,94 persen menjadi 84,74 persen,” ucap anggota KPU Provinsi NTB divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Agus Hilman.

Diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi NTB untuk Pemilu 2024 sebanyak 3,918 juta lebih. Jumlah DPT tersebut masing-masing terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.916.798 orang dan perempuan berjumlah 2.001.493 orang. (ndi)