Dibantu Sarana Air Bersih, Kades Hu’u Minta Warga Jaga Fasilitas Kepentingan Umum

0

Dompu (Suara NTB) – Warga Dusun Nangadoro, Desa Hu’u akan mendapatkan bantuan sarana air bersih dari PT Sumbawa Timur Mining (STM) tahun 2024. Sebanyak 8 bak tandon kapasitas air 5.000 liter bersama jaringan perpipaan disiapkan dalam bantuan ini.

Kepala Desa Hu’u, Mujahiddin, S.Sos mengingatkan penanggung jawab program untuk memastikan agar lahan tempat bak tandon air tidak bermasalah. Ketika sudah mendapatkan ijin, harus dituangkan secara tertulis agar terhindar dari persoalan di kemudian hari.

“Sekarang bisa saja mereka mengizinkan, tapi kita ndak tau besok lusa. Karena ini untuk kepentingan umum, ketika diizinkan lahannya dipake sebagai tempat tandon air, harus dibuatkan secara tertulis. Kebetulan bahan – bahannya belum datang, mungkin bisa dilengkapi sekarang,” kata Mujahiddin, S.Sos pada acara safari ramadhan STM di masjid Al Abrar Dusun Nangadoro Desa Hu’u, Minggu, 17 Maret 2024.

Mujahiddin meminta kepada warga untuk menjaga bersama fasilitas air yang akan dibantu STM. Persoalan air bersih selalu jadi masalah di perkampungan di ujung selatan wilayah Kabupaten Dompu ini. “Bantuan ini untuk digunakan bersama,” katanya.

Ia pun memberikan apresiasi kepada STM yang sudah banyak membantu warga di sekitar area aktivitasnya. Investasi yang dijalankan STM ini akan memberikan banyak manfaat bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Karenanya, ia meminta warga menyiapkan diri dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan menjaga kesehatan.

Proyek pertambangan yang dijalankan STM, bukan projek 2 – 3 tahun. Tapi puluhan tahun dan membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Untuk bisa bekerja di perusahaan tambang, syarat utamanya harus sehat. “Kalau tidak sehat, pasti tidak akan lolos di proses MCU (Medical Check Up). Karena perusahaan tidak akan mempekerjakan orang sakit. Akan fatal jadinya,” ingat Mujahidin.

Manajer Comrel STM, Ulya Defretes dalam sambutannya mengungkapkan perkembangan Projek Hu’u saat ini semakin maju dan berkembang dalam tahapan eksplorasi. Nangadoro kedepan akan menjadi wilayah yang paling ramai, maju dan sejahtera warganya. Karena aktivitas perusahaan akan lebih banyak dilaksanakan di Nangadoro. Sehingga akan banyak orang yang berkunjung dan mencari tempat tinggal di Nangadoro seiring perkembangan Projek Hu’u.

Sebagai perusahaan yang masih dalam tahap eksplorasi, STM tetap komit dalam menyiapkan sumberdaya manusia (SDM) dan infrastruktur bagi masyarakat sekitar, termasuk di Nangadoro. Tahun 2024 ini, perusahaan kembali menyiapkan air bersih bagi warga Nangadoro dengan 8 tandon kapasitas 5.000 liter dengan jaringan perpipaannya dari sumber air untuk kebutuhan masyarakat sekitar.

Ruas jalan provinsi di ujung kampung Dusun Nangadoro juga akan ditingkatkan kualitasnya. Sehingga memudahkan warga yang ke ladang dan berakitivitas di wilayah tersebut. Selain dimanfaatkan sendiri oleh perusahaan. “Kami bersyukur selama ini mendapat dukungan dan suport dari warga Nangadoro. Harapannya bisa terus dijaga kedepannya,” katanya. (ula)