Seribu Sertifikat Halal Gratis untuk UMKM NTB

0

KEMENTERIAN Koperasi dan UKM RI melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapatkan sertifikat halal secara gratis. Kuotanya untuk seribu UMKM.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM NTB H.Muhammad Fauzan,S.Ag,M.Pd mengatakan, UMKM memainkan peran yang sangat vital dalam perekonomian Indonesia. Diantaranya karena serapan tenaga kerja yang cukup tinggi di sektor UMKM, sekaligus  UMKM membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang dan membantu mengurangi angka pengangguran.

UMKM membantu memperkuat struktur ekonomi negara dan daerah. Selain itu, UMKM mendukung pemberdayaan lokal dengan dan memperkaya pasar dengan berbagai produk dan layanan. Diversifikasi ini memberikan banyak pilihan bagi konsumen. Karena itu, sangat penting para pelaku UMKM diperkuat, salah satunya dengan fasilitas sertifikat halal gratis.

Untuk penerbitan sertifikat halal ini, Kementerian Koperasi dan UKM RI bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

Sertifikasi halal pada produk perlu dilakukan karena untuk menjamin dan memastikan kepada masyarakat bahwa produk yang diproduksi benar-benar halal untuk dikonsumsi. Hal tersebut juga sebagai upaya pemerintah dalam rangka memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk menjalankan perintah sesuai dengan syariat.

Bahwa pada dasarnya suatu produk dapat dikatakan halal apabila memenuhi Standar Proses Sertifikasi Halal (SJPH) yang memiliki lima criteria, diantaranya meliputi komitmen dan tanggungjawab, bahan, proses produk halal, produk, serta pemantauan dan evaluasi.

“Sertifikat halal ini supaya memberikan jaminan , tidak ada keraguan orang terhadap produk yang dibuat oleh UMKM. Sehingga produknya dapat diterima pasar. Karena seluruh proses untuk menghasilkan produk tersebut sudah memenuhi standar halal,” imbuhnya.

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, lanjut Fauzan, melibatkan para konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM untuk menyeleksi mana saja pelaku-pelaku UMKM yang memenuhi ketentuan mendapatkan fasilitas sertifikat halal gratis ini.

Gerakan akselerasi sertifikasi halal secara bersama-sama akan menjadi gerakan nyata yang akan mengorkestrasi penguatan UMK dan bisnis industri halal di Indonesia. Sertifikasi halal dipastikan menjadi salah satu elemen penting penguatan produk UMK untuk menjadi lebih berkualitas dan berdaya saing.(bul)