Festival Khazanah Ramadan Islamic Center Dimulai Hari Ini

0

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata NTB, Jamaluddin mengatakan, Khazanah Ramadan Islamic Center akan dimulai hari Senin, 18 Maret 2024. Dalam acara Khazanah Ramadan ini akan diadakan Bazar, Pasar Murah, hingga berbagai lomba untuk menarik pengunjung.

Bazar pada acara Khazanah Ramadan yang berlangsung di Islamic Center menggandeng 60 UMKM dengan berbagai jenis makanan yang bisa dipilih dan dinikmati sebagai menu berbuka puasa oleh pengunjung.

“Mudah-mudahan lancar nanti pembukaan nanti sore, pelaku UMKM kita yang sekitar 60 orang sudah siap untuk berjualan,” katanya.

Di Bazar kali ini, dinas pariwisata banyak menggandeng pedagang kaki lima dan pedagang asongan, yang mana pada tahun sebelumnya belum pernah dilakukan.

Selanjutnya, sebagai upaya memeriahkan Ramadan, juga menarik pengunjung pada gelaran Khazanah Ramadan yang akan dilaksanakan sampai H-5 Idul Fitri, Dispar berkoordinasi dengan Dinas lain dan OPD untuk terlibat dalam penggelaran pasar murah.

“Pasar murah juga nanti dinas perdagangan, semua, dinas-dinas OPD itu dia harus terlibat dengan mitranya. Dengan kondisi ekonomi sekarang tidak bagus, beras mahal, pemerintah bulog atau apa nanti kita siapkan tempat untuk berjualan disana, untuk pasar murah,” ungkapnya.

Selain itu, akan dilakukan pula 9 lomba selama Khazanah Ramadan berlangsung. Lomba ini akan lebih menyasar kepada anak sekolah usia dini yaitu TK dan SD. Uniknya, apabila peserta lomba tidak melaksanakan salat berjemaah, ngaji dan berkata kasar, poin mereka akan dikurangi.

“Nah, religinya apa, edukasi anak-anak itu, bayangkan kalau di rumah pasti dia main game apalagi bulan Ramadan, tapi ketika dia lomba dia disini, ndak bisa ndak, wajib dia harus sholat berjamaah karena difoto, diserahkan fotonya nanti kepada panitia, sama ngaji video berapa detik,” jelasnya.

Selanjutnya, terkait dengan Festival Khazanah Ramadan tahun ini, Jamal berharap dengan berbagai acara yang diadadakan, kegiatan ini mampu menarik pengunjung dalam jumlah banyak dan juga dapat membantu meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat. (era)