SMAN 5 Mataram Gelar P5 dengan Usung Senam Kreasi

0

Mataram (Suara NTB) – SMAN 5 Mataram melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Sasaran pelaksanaan P5 adalah kelas XI dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, dengan mengusung senam kreasi P5. Topik yang diambil adalah “Keep Healthy and Happy ” dengan tujuan melalui penggunaan sunscreen dan senam P5 bersama, siswa dapat meningkatkan kebiasaan menjaga kebersihan badan, kebersihan diri, dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran badan.

Dalam menciptakan kebugaran badan, siswa dilatih untuk membiasakan senam pagi. Sedangkan dalam menumbuhkan kebiasaan hidup sehat, peserta didik dibiasakan membawa bekal ke sekolah dari rumah menggunakan boks /kotak nasi dan air minum dalam tumbler, sehingga tidak menciptakan sampah.

Kepala SMAN 5 Mataram, Siti Nurhani mengatakan, dimensi yang diambil dalam tema P5 ini adalah kreatif dan bergotong royong. Kreatif yang dimaksud adalah kreativitas siswa dalam menciptakan gerak. Kegiatan P5 dimulai dari tanggal 1–6 Maret 2024 dengan rincian hari pertama tanggal 1 Maret 2024, siswa diberikan pengarahan oleh fasilitator masing-masing kelas beserta koordinator kelas. Selanjutnya, dari tgl 2–5 Maret 2024, siswa melaksanakan latihan senam kreasi didampingi oleh fasilitator dan koordinator kelas yang mana untuk penyediaan tempat latihan, SMAN 5 Mataram bekerjasama dengan NTB Mall.

“NTB Mall menyediakan sarana latihan berupa lapangan untuk senam sekaligus sebagai sarana promosi UMKM. Kepala UPTD NTB Mall menyambut baik kegiatan positif SMAN 5 Mataram terkait P5. Setelah latihan, siswa diarahkan untuk menggunakan sunscreen yang disponsori oleh Emina Cosmetics,” jelas Siti Nurhani.

Koordinator P5 SMAN 5 Mataram, Susiati, S.Pd., membuka pagelaran performance senam kreasi P5 yang dilaksanakan di lapangan sekolah SMAN 5 Mataram pada tanggal 6 Maret 2024.  Ia menuturkan latihan jasmani peserta didik yang telah dilaksanakan akan dibarengi oleh karya orisinil mereka dalam menciptakan gerakan senam P5.

“Kemudian yang menarik dari aktivitas P5 ini adalah akhir dari kegiatan yaitu karya orisinil peserta dilombakan dan dipertunjukkan di lapangan sekolah. Setiap kelas menampilkan performance hasil kreasi senam dengan nuansa kearifan lokal, ini menunjukkan merdeka belajar penuh makna bagi kesehatan jiwa raga dan terwujudnya Keep Healthy and Happy bagi seluruh warga sekolah terutama bagi peserta didik kelas XI, fasilitator kelas dan koordinator kelas. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi referensi bagi kelas X untuk pelaksanaan P5 ketika beranjak di kelas XI nanti,” pungkasnya. (ron)