Petugas Pemilu Diserang Kelelahan Subsatgas Kesehatan Polres Loteng Turun Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

0

Praya (Suara NTB) – Tim Subsatgas Kesehatan Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024 Polres Lombok Tengah (Loteng) turun melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personil kepolisian termasuk petugas penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu), Jumat 23 februari 2024 kemarin. Sebagai langkah preventif dan deteksi dini guna mengetahui kondisi kesehatan khususnya para personil pengamanan yang ada.

Kasubsatgas Kesehatan Polres Loteng, AIPDA Rossi, di Praya, Jumat kemarin, mengatakan timnya turun setelah banyak petugas penyelenggaran pemilu termasuk aparat keamanan dalam hal ini personil kepolisian dilaporkan mulai diserang kelelahan. Di mana pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tim dengan mendatangi personil yang saat ini tengah melakukan pengamanan rekapitulasi perolehan suara ditingkat kecamatan.

“Pemberian pelayanan kesehatan itu bertujuan untuk memastikan kesehatan petugas yang memgawal tahapan pemilu. Baik itu personil kepolisian, TNI hingga PPS,” sebutnya.

Dalam hal ini pihaknya ingin memastikan kondisi kesehatan personel yang terlibat dalam pengamanan dan penyelenggaraan pemilu dalam keadaan prima. Mengingat beban tugas pengamanan yang cukup berat. Sehingga berpotensi memicu kelelahan yang dikhawatirkan membuat personil tidak mampu menjalankan tugas dengan optimal.

“Sebelumnya kita mendapat beberapa keluhan yang disampaikan oleh penyelenggara dan petugas dari kepolisian yang pusing dan mengalami ketegangan. Dikarenakan kelelahan yang berlebih,” terangnya seraya menambahkan pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah dan pembagian vitamin.

Dengan pemeriksaan kesehatan ini pihaknya ingin memastikan penyelenggara dan petugas keamanan dapat bekerja maksimal selama tahap rekapitulasi di tingkat PPK. Baik itu bagi personil yang ikut dalam proses rekapitulasi perolehan suara. Maupun petugas penjaga gudang logistic pemilu. Dengan melibatkan tim Dokkes Polres Loteng.

“Petugas PPK dan Polri yang sedang bertugas menjaga gudang logistik juga kita layani. Ini semua untuk memastikan semua petugas yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu dalam kondisi yang prima. Agar semua tahapan pemilu bisa dituntas dengan baik,” tegas Rossi. (kir)