Megawati Tumbangkan Dua Caleg Petahana Golkar di Dapil NTB 8

0

Mataram (Suara NTB) – Caleg DPRD Provinsi NTB yang berpotensi terpilih sudah makin mengerucut dengan makin besarnya data perolehan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah masuk terinput di Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) KPU.

Di Daerah Pemilihan (Dapil) NTB 8 yakni Lombok Tengah bagian selatan, sampai dengan Jumat 23 februari 2024 kemarin progres rekapitulasi suara yang sudah masuk dari TPS sebanyak 1.189 dari 1676 total TPS di Dapil NTB 8 atau sekitar 70.94 persen. Partai Golkar memuncaki perolehan suara sementara di Dapil NTB 8 tersebut dengan total 28.346 suara.

Adapun caleg peraih suara tertinggi di internal Partai Golkar ditempati oleh politisi perempuan atas nama Megawati Lestari yang sudah memperoleh 13.803 suara. Perolehan suara Megawati tersebut jauh meninggalkan rekan-rekan satu partainya, bahkan jauh meninggalkan perolehan suara dua caleg petahana Golkar yang juga maju lewat dapil tersebut yakni Lalu Akhmad Yani yang baru memperoleh 7.213 suara dan H Puaddi yang baru memperoleh 4.950 suara.

Posisi Megawati dipuncak perolehan suara di internal partainya, memastikan kursi Golkar di dapil NTB 8 itu akan jadi milik Megawati. Lebih-lebih dengan sudah 70 persen lebih suara sudah masuk, perolehan suara Megawati relatif sulit untuk terkejar atau dilampaui Caleg lain.

Megawati dengan lantar belakang sebagai aktivis perempuan untuk demokrasi, mengusung visi pemberdayaan kaum perempuan cukup efektif untuk menarik dukungan suara rakyat. Megawati yang selama ini melihat kaum perempuan masih dinilai sebagai subjek pelengkap semata. Padahal, potensi yang ada di kelompok perempuan sangat luar biasa jika diberdayakan, terutama dalam membangun ketahanan pangan.

Dikatakan Megawati kaum perempuan bisa menjadi agen perubahan untuk diversifikasi pangan menuju ketahanan pangan nasional. Karena itu ia mengajak kaum perempuan mulai menjadi agen perubahan diversifikasi pangan. “Karena di saat harga beras dan sembako naik, pasti perempuan, ibu rumah tangga yang paling merasakan. Maka Ibu-ibu bisa mulai dengan hortikultura, menanam cabai, tomat, atau sayuran lain yang bisa dilakukan di pekarangan rumah,” ujarnya.

Selain Partai Golkar yang sudah memastikan memesan kursi Udayana di Dapil NTB 8 itu. Partai lain yang juga membuka peluang memperoleh kursi berdasarkan perolehan suara sementara yang ditampilkan Sirekap KPU yakni PPP yang sudah memperoleh 25.654 suara, dengan caleg suara tertinggi Sitti Ari dengan 11.698 suara.

Selanjutnya PKS yang sudah memperoleh 23.597 suara dengan caleg suara tertinggi Patompo 6.897 suara. Berikutnya Partai Gerindra dengan 20.829 suara dan Caleg peraih suara tertinggi Lalu Sudiartawan 9.439 suara. Disusul PDIP dengan perolehan 19.490 suara dengan caleg peraih suara terbanyak Suhaimi 12.383 suara.

Berikutnya Partai Demokrat dengan 11.499 suara dengan caleg suara tertinggi Azhar dengan 3.882 suara. Diposisi ketujuh ditempati PKB dengan perolehan 10.955 suara dan caleg peraih suara terbanyak yakni Lalu Pelita Putra yang sudah memperoleh 7.639 suara. (ndi)