PDIP Berpeluang Ungguli Nasdem Rebut Kursi DPR RI Dapil NTB II

0

Mataram (Suara NTB)-Perolehan suara sementara untuk Pileg DPR RI dari NTB II Pulau Lombok, memperebutkan kursi terakhir antara PDIP dengan Partai Nasdem makin ketat. Sebab jarak perolehan suara kedua partai tersebut makin tipis.

Berdasarkan hasil rekapitulasi di Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) KPU sampai dengan tanggal 23 Februari 2024, data suara yang sudah masuk sebanyak 68,27 persen atau  7871 dari 11.530 TPS se-Pulau Lombok.

Partai Nasdem tercatat sudah mengumpulkan suara sebanyak 78.177 suara dengan caleg peraih suara terbanyak Fauzan Khalid dengan perolehan 29.050 suara. Sementara PDIP sudah mengejar cukup dekat dengan perolehan suara sementara sudah menembus 72.333 suara dan caleg peraih suara terbanyak di PDIP adalah H.Rachmat Hidayat yang sudah memperoleh 40.284 suara.

Ketua DPC PDIP Kota Mataram, Made Slamet meyakini bahwa PDIP bisa meraih kursi DPR RI di Dapil Pulau Lombok. Keyakinan itu dilihatnya dari sebaran perolehan suara PDIP di tiap-tiap Kabupaten/Kota yang cukup besar.

Ia menyebutkan seperti di Kota Mataram sendiri, Caleg petahana PDIP H. Rachmat Hidayat tercatat suara unggul jauh bila dibandingkan para caleg lainnya. Dari 1195 TPS di Kota Mataram yang sudah terekam, Rachmat sudah mengumpulkan suara mencapai  22.763.

Raihan suara itu hanya bisa diimbangi Partai Demokrat dengan angka 14.608 yakni Nanang Samodra. Selanjutnya, Partai Nasdem dengan 12.761 suara,  Partai Amanat Nasional (PAN) dengan raihan 11.407 suara dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan raihan 11.262 suara.

Made  Slamet mengatakan, bahwa raihan suara Rachmat Hidayat serupa dengan suara partai untuk tingkat DPRD Provinsi NTB Dapil I yang meliputi Kota Mataram.

Kami optimis raihan suara beliau (H. Rachmat Hidayat) terus naik. Ini karena dari perhitungan C-1 yang dilakukan oleh BSPN PDIP Kota Mataram juga terlihat trend suaranya naik signifikan, ujarnya.

Anggota DPRD NTB ini, mengaku bahwa pihaknya akan terus mengawal raihan suara partai hingga para caleg DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Mataram yang kini rekapitulasinya tengah berlangsung di PPK di enam kecamatan di wilayah Kota Mataram.

Di mana, para saksi dibekali data salinan C-1 secara lengkap untuk dicocokkan saat rekapitulasi yang tengah berjalan di PPK. “Yang pasti, kami akan siap mengawal pleno secara berjenjang dengan menugaskan para kader terbaik untuk mengawal suara rakyat yang dititipkan pada para kader kami,” kata Made Slamet.

Ia optimis jika Rachmat Hidayat akan kembali menjadi pemenang suara caleg untuk DPR di Kota Mataram seperti Pemilu sebelumnya. “Trend suara beliau (Rachmat) terus naik. Kami optimis untuk menyongsong target yang sudah ditetapkan oleh partai,” pungkasnya. (ndi)