Festival Pesona Bau Nyale 2024 Dibuka Lomba Maos Aksara Lontar

0

Praya (Suara NTB) – Rangkaian perayaan Festival Bau Nyale tahun 2024 di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) siap digelar mulai Jumat 23 Februari 2024 hari ini. Dibuka dengan kegiatan lomba Maos (baca) Aksara Lontar yang dipusatkan di Bencingah Adiguna Praya. Festival ini direncanakan akan digelar selama dua hari hingga Sabtu 24 Februari 2024 besok.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Loteng, Drs. H. Muhammad, Kamis 22 Februari 2024 menjelaskan, rangkaian perayaan Festival Bau Nyale tahun ini akan disemarakkan dengan sejumlah side event sebagi event pendukung. Baik itu pra maupun pasca puncak acara yang bakal berlangsung pada tanggal 29 Februari hingga 1 Maret mendatang.

Setelah lomba Maos Aksara Lontar, kegiatan dilanjutkan dengan Grand Final Pemilihan Putri Mandalika pada Sabtu 24 Februari 2024  malam. Bertempat di halaman kantor Bupati Loteng. Baru kemudian dilanjutkan dengan peresean yang bakal menghadirkan para pepadu (petarung) ternama di Pulau Lombok, bertempat di Kuta Mandalika, mulai hari Minggu 25 Februari 2024 sampai Selasa 27 Februari 2024 mendatang.

“Sehari sebelum hari puncak pada hari Rabu 28 Februari 2024 besok akan diisi dengan kegiatan kegiatan karnaval bertajuk Karnaval Bau Nyale juga di kawasan Kuta Mandalika,”terang Muhammad.

Pada hari puncak perayaan Festival Bau Nyale juga ada beberapa event lain yang digelar di lokasi puncak perayaan di kawasan Pantai Seger Kuta, seperti pertunjukan kesenian cilokaq, betandaq, wayang kulit hingga tari kolosal. “Yang jelas Festival Pesona Bau Nyale tahun ini akan lebih semarak. Jadi rugi kalau masyarakat tidak mengikuti semua rangkaian  kegiatan yang ada,”imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Operasi PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Troy Reza Warokka, menegaskan pihaknya siap mendukung pelaksaan event budaya tersebut. Terlebih lokasi acara berada di dalam area kawasan The Mandalika yang dikelola oleh ITDC.

“Kita siap mendukung asalkan dikomunikasikan apa kebutuhannya,”ujarnya. Apalagi Festival Bau Nyale merupakan event nasional, jadi sudah menjadi kewajiban bagi pihaknya untuk mendukung kelancaran serta kesuksesan jalannya event tersebut. (kir/*)