PSU TPS 12 Desa Medana, Coblos Lancar, Hitung Suara Pindah ke Rumah Warga

0

Tanjung (Suara NTB) – KPU Kabupaten Lombok Utara (KLU) melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 12 (Dusun Tembobor) Desa Medana, Kecamatan Tanjung. Jalannya PSU sendiri cukup lancar, namun menginjak sore hari, perhitungan suara oleh KPPS setempat terpaksa bergeser dari TPS ke rumah warga.

Hal itu dikemukakan Ketua Bawaslu KLU, Deni Hartawan, SH., saat dikonfirmasi Rabu, 21 Februari 2024. Ia mengakui, jalannya proses perhitungan suara tidak selancar saat proses pemungutan suara. Kondisi itu tidak lepas dari cuaca hujan yang turun pada sore jelang waktu Magrib. Berbeda dengan suasana pada pagi hari, cuaca cenderung cerah, sehingga TPS di lokasi PSU dilakukan tempat terbuka (pekarangan milik warga).

“Secara umum hasil pengawasan kita, PSU berlangsung aman dan lancar. Hanya pada saat penghitungan suara, ada kendala karena turun hujan. TPS setempat terendam air sehingga lokasi penghitungan berpindah ke rumah warga,” ungkap Deni.

Dijelaskan, proses penghitungan suara hingga malam hari sekitar pukul 20.20 WITA masih berlangsung. Sebelum berpindah ke rumah warga, KPPS di di lokasi TPS telah merampungkan penghitungan 3 kotak suara, yakni Pilpres, DPD dan DPR RI. Sesaat akan beranjak ke penghitungan DPRD Provinsi, hujan turun cukup lebat dan menggenangi TPS.

Namun demikian, KPPS tetap melanjutkan penghitungan 2 kotak tersisa untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. KPPS sendiri diharuskan menyelesaikan penghitungan, termasuk laporan Sirekap KPU pada Rabu malam.

“TPS diawasi ketat, tidak hanya oleh Panawas TPS, Panwas Desa dan Bawaslu, dari Bawaslu Provinsi juga turun, termasuk dari Polres dan Polda NTB,” sebut Deni.

PSU pada TPS 12 Desa Medana sendiri melibatkan 259 orang DPT. Sementara dari pengamatan Bawaslu, tingkat partisipasi pemilih tidak jauh berbeda dengan pemilihan pertama yang berlangsung pada 14 Februari lalu. Hanya saja, Bawaslu tidak sampai mencermati jumlah suara sah, suara batal, dan Golput karena fokus Bawaslu berada pada prosedur pelaksanaannya agar berjalan sesuai aturan.

“Malam ini semua proses di PSU di TPS 12 harus clear, selanjutnya logistik diangkut ke PPK untuk dipleno di kecamatan. Secara umum, semua berjalan aman dan lancar,” tandas Deni. (ari)