Pelantikan KPU KLU Lewat Zoom Komisioner Baru Gerak Cepat Kawal PSU dan Pleno PPK

0

Tanjung (Suara NTB) – Lima orang komisioner KPU Kabupaten Lombok Utara (KLU) telah dilantik, Selasa20 februari 2024. Pelantikan anggota KPU KLU dilaksanakan melalui Zoom Meeting di Kantor KPU NTB lantaran adanya kendala teknis.

Kepada Suara NTB, Selasa 20 februari 2024, Ketua KPU KLU, Nizamudin, SH., membenarkan dirinya dan bersama 4 komisioner baru, telah dilantik pada pukul 15.0 WIB atau pukul 16.00 WITA. Diakuinya, komisioner dari KLU dan 2 Kabupaten/Kota lain, yaitu Bima dan Kota Bima, tidak dapat dilantik secara langsung di Jakarta. Pasalnya, pada Senin malam sebelum dilantik, pihaknya kesulitan mendapat tiket tujuan Jakarta.

“Sampai tadi malam, kami tidak mendapatkan tiket yang memastikan kami tiba di Jakarta dan sampai di ruang pelantikan 1 jam sebelum gladi (pukul 14.00 WIB). Sehingga plenonya dilakukan melalui Zoom,” ungkapnya.

Kendati dilantik secara daring, Nizamudin dan 4 komisioner KPU tidak kehilangan motivasi untuk mengabdi dalam proses dan tahapan Pemilu serentak 2024. Ia bahkan melihat sisi positif pelantikan Daring, dimana KPU KLU dapat langsung bergerak menyusun program kerja.

Sekembali dari Kantor KPU NTB, Nizam dan 4 Komisioner langsung mengadakan 3 pleno, yaitu pleno pemilihan Ketua KPU, penentuan Divisi-divisi dan Korwil. Pada pleno tersebut, disepakati bahwa Nizam yang notabene satu-satunya komisioner senior, sebagai Ketua KPU periode 2024-2029.

Kemudian pada penentuan divisi-divisi, Ketua KPU sekaligus ditunjuk sebagai Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, serta Korwil kecamatan Pemenang. Selanjutnya, Muhidin (mantan anggota Bawaslu KLU) ditunjuk sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, serta Korwil kecamatan Kayangan. Berikutnya, Ketua Divisi Hukum dan pengawasan, diserahkan kepada Ilmiawan Hasan, sekaligus Korwil Kecamatan Tanjung. Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, diserahkan kepada Bambang Wahyudi, sekaligus Korwil Kecamatan Bayan. Serta komisioner divisi SDM diserahkan kepada Hanifah, sekaligus Korwil Kecamatan Gangga.

“Setelah pleno, saya langsung mengajak kawan-kawan untuk fokus mengawal pleno PPK di masing-masing kecamatan, dan PSU TPS 12 (Dusun Tembobor) Desa Medana, esok ini (Rabu – hari ini),” tegasnya.

Umumnya Komisioner baru, Bimtek sedianya menjadi agenda yang diprogramkan oleh KPU Provinsi dan KPU Pusat. Hanya saja, untuk saat ini bimtek tidak dapat dilakukan karena komisioner dihadapkan pada tugas mengawal pleno kecamatan.

“Karena memang tahapannya urgen, kami diarahkan langsung oleh KPU RI untuk menyesuaikan dengan tugas di depan mata, yaitu memahami regulasi dan langsung bekerja. Dalam hal ditemukan kesulitan, kami konsultasi secara berjenjang ke KPU NTB dan KPU RI,” tandasnya. (ari)