Unram Lepas 583 Mahasiswa Program MSIB Batch 6 dan Kampus Mengajar Angkatan 7

0

Mataram (Suara NTB) – Unit Percepatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (UP MBKM) Universitas Mataram (Unram) menggelar acara pelepasan mahasiswa program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6 dan Kampus Mengajar (KM) Angkatan 7 di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar, Unram, pada Senin, 19 Februari 2024.

Pada kesempatan ini Unram melepas 583 mahasiswa yang terdiri atas 112 mahasiswa magang bersertifikat , 140 mahasiswa studi independen bersertifikat, dan 331 kampus mengajar yang tersebar di 67 perusahaan/mitra di seluruh Indonesia dan 121 sekolah.

Acara ini dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si. Dalam sambutannya, ia berpesan untuk menjaga nama baik almamater di masing-masing lokasi program.

“Adik-adik mahasiswa nanti di tempat bekerja, di tempat magang, di tempat studi independent, di tempat kampus mengajar, harus yang pertama, satu, menjaga nama besar Unram. Almamater diingat-ingat kita yang memakai warna biru dan ada logo Unram, tidak hanya sekadar pembungkus badan ketika kita kedinginan, atau ketika kita ada waktu tertentu, tapi lebih dari itu maknanya sangat jauh. Bagaimana kita membawa nama besar lembaga kita, nama baik lembaga kita,” sambutnya.

Koordinator Magang Bersertifikat Unram, Azhari Efendi, S.Sos., M.A. dalam laporannya menyampaikan peningkatan yang signifikan jumlah peserta tahun sebelumnya dengan tahun ini.

“Tahun ini peserta MSIB itu paling banyak lolos dan pendaftarnya paling banyak juga. Kalau kita lihat, saya hanya sampaikan saja ini, MSIB itu mahasiswa yang mengajukan surat rekomendasi itu 1325. Tapi yang mendaftar tidak 100%, hanya 983 mahasiswa saja dan yang lolos 252, dan kemarin yang mengundurkan diri satu, jadi 251. Kalau di total, peluang mahasiswa Unram lolos itu 25,6%. Cukup tinggi sebenarnya,” tangkasnya.

Dengan meningkatnya minat mahasiswa dalam mengikuti berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan menjadi nilai tambah yang tinggi terhadap Indeks Kinerja Utama (IKU) Unram. (ron)